Mulai Produksi 2021, Hyundai Kembangkan Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

  • Bagikan

KABARINDAH.COM — Pemerintah mulai serius mengembangkan indutri sel baterai kendaraan listrik. Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel), Hyundai Motor Company telah berkomitmen akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia dan akan mulai produksi tahun 2021 mendatang.

Seperti diketahui, investasi mobil listrik Hyundai di Indonesia merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In di Busan pada November 2019 lalu.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, pabrik mobil Hyundai Motor Company yang dibangun di Indonesia sudah rampung. Artinya, Hyundai akan memproduksi mobil listrik.

“Sekarang untuk Hyundai pabrik mobilnya sudah jadi, 2021 sudah produksi,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Desember lalu.

Bahlil memaparkan, nantinya Hyundai berencana akan memproduksi dua jenis mobil yakni mobil dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan mobil listrik. Namun, yang sudah pasti adalah jenis mobil listrik dimana 50-60 persen komponennya adalah baterai.

“2021 bulan November itu sudah go, makanya mereka membangun sekarang adalah baterainya, 50-6 persen komponen mobil listrik adalah baterai,” ungkapnya.

Selain investasi mobil listrik, lanjutnya, Korea Selatan juga berinvestasi mengembangkan baterai kendaraan listrik di Indonesia melalui LG Energy Solution Ltd. Pengembangan baterai kendaraan listrik ini bersama konsorsium dengan nilai invesasi USD 9,8 miliar atau Rp 142 triliun.

Bahkan kata Balil, ini adalah yang pertama di dunia dari hulu ke hilir. Sebab, mulai dari tambangnya, smelternya, prekursor, katoda, mobilnya sampai recycle ulang itu semuanya akan dibangun di Indonesia

  • Bagikan