Mimpi  

Mimpi Melihat Makam atau Pusara, Inilah Arti dan Maknanya

KABARINDAH.COM – Melihat pebukuran atau tempat pemakaman dalam mimpi berarti penentraman dan penenangan orang yang cemas, dan kecemasan bagi orang yang tenang dan tentram.

Sebuah taman pemakaman juga melambangkan unsur-unsur ketakutan, harapan, dan kembali kepada bimbingan setelah kejahilan.

Imam Muhammad Ibn Sirin dalam kitab Tafsir Mimpi berjudul “Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam” mengungkapkan, bila Anda mimpi melihat Sebuah taman pemakaman dalam mimpi juga melambangkan peringatan, membaca Alquran, menangis, kenangan, kesalihan, pasrah kepada takdir, dan menjauhi kenikmatan dunia.

Di bawah ini, arti dan maknanya:

1. Sebuah pekuburan melambangkan kehidupan setelah mati, karena pekuburan itulah kendaraan yang mengantarkan ke sana.

2. Sebuah pekuburan dalam mimpi juga melambangkan penjara tubuh, tetapi dalam mimpi, pekuburan juga berarti pengucilan, kebaktian, penahanan nafsu, asketisisme,atau pertobatan.

Baca Juga:  Bila Anda Mimpi Kawin, Menikah dan Pernikahan, Inilah  24 Arti dan Maknanya

3. Sebuah pekuburan juga dapat ditafsirkan sebagai seorang pemabuk di bar, seseorang yang menghabiskan uang di rumah bordil, rumah seorang bodoh yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur daripada salat, atau seorang munafik yang amal perbuatannya tidak akan diterima, dan sebagainya.

4. Jika orang sakit berjalan menuju sebuah upacara pemakaman dalam mimpi, maka ini berarti bahwa penyakitnya akan berakhir dengan kematian.

5. Jika ia tidak sakit dan kemudian selama berlangsung upacara ia meratap atau berdoa bagi orang yang meninggal itu dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan bertobat atas dosa-dosanya, mengikuti bimbingan ruhani dan melayani orang-orang yang mencari ilmu. Orang seperti itu juga akan mencapai kedudukan ruhani yang diberkahi dan mengambil manfaat dari apa-apa yang didengar dan dilihatnya.

Baca Juga:  Mimpi Melihat Ahli Nujum, Inilah Arti dan Maknanya

6. Jika seseorang melihat dirinya meninggalkan upacara pemakaman dan tidak menampakkan kekhidmatan, tetapi justru tretawa-tawa dan berkelakar, maka ini berarti bahwa ia akan bersahabat dengan orang jahat dan menerima perbuatan jahat mereka sebagai aturan perilaku yang baku.

7. Jika seseorang melihat dirinya mengunjungi pekuburan untuk menyendiri, menyadarkan diri dan menahan diri, dan jika ia merenungkan kebenaran, kata-kata bijak serta bertobat dalam mimpinya, maka ini berarti bahwa ia akan diminta untuk menghakimi antara dua orang, dan ia akan memberikan keputusan yang adil.

8. Jika seseorang tidak merenung dalam mimpinya, maka ini berarti bahwa ia akan lupa tentang sesuatu yang penting, atau yang dekat di hatinya.

Baca Juga:  Bila Anda Mimpi tentang Alquran, Inilah Arti dan Maknanya

9. Jika seseorang memasuki kompleks pekuburan sambil mengumandangkan azan dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan memberi peringatan pada orang-orang, memerintahkan kebaikan dan menjauhi kemungkaran.

10. Jika seseorang melihat dirinya memasuki sebuah taman pemakaman dan berjalan di atas tulang-tulang orang mati yang berserakan dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan mati dan dikuburkan di sana.

11. Sebuah taman pemakaman dalam mimpi juga dapat melambangkan orang-orang berilmu, asketik, gubernur, pemimpin, atau rumah pelacuran. Kuburan para wali atau tempat-tempat keramat dalam mimpi menandakan bid’ah, kejahilan, kemabukan, perzinaan, korupsi, dan ketakutan.

12. Sebuah batu nisan atau peti mati dalam mimpi menandakan keuntungan, tawanan perang, barang rampasan, atau membukakan rahasia pribadi.