Mimpi Dikhitan, Ini Arti dan Maknanya

  • Bagikan
Seorang anak dikhitan. Foto: wikipedia

KABARINDAH.COM — Bagi pemeluk agama Islam berkhitan adalah sebuah kewajiban. Mayoritas ulama, seperti Imam Syafii, Hanbali, sebagian pengikut Imam Malik, dan Abdurrahman al-Auza’i (wafat 156 H) sepakat menetapkan hukumnya wajib bagi laki-laki. Secara medis, khitan juga akan membuat alat kelamin laki-laki menjadi lebih bersih dan sehat.

Lalu, bagaimana apabila seseorang mimpi dikhitan? Imam Muhammad Ibn Sirin dalam kitab Tafsir Mimpi berjudul “Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam” mengatakan, mimpi dikhitan memiliki sejumlah arti dan makna.

Berikut arti dan maknanya:

1. Khitan dalam mimpi berarti penyucian, kebersihan, menghilangkan noda, pernyataan syukur, atau pertemuan kembali yang membahagiakan.

2. Jika seseorang melihat dirinya dikhitan dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia melakukan suatu amal baik yang diterima oleh Allah dan, karenanya, Allah mengampuni dosa-dosanya, atau dapat berarti bahwa ia akan mengalami sebuah operasi yang akan membuka urat nadinya atau melukainya.

3. Jika seorang perempuan muda yang masih perawan melihat dirinya dikhitan dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan kawin, atau akan mengalami haid untuk pertama kalinya.

4. Khitan dalam mimpi juga berarti menjalani operasi untuk memotong buah pelirnya, menjalani operasi prostat, atau dapat berarti membersihkan nama dari fitnah dan tuduhan, atau dapat berarti perpisahan antara suami, istri dan anak-anak, atau anak-anak akan meninggalkan rumah orang tuanya. (*)

 

  • Bagikan