10 Sifat Positif yang Lekat dengan Seorang Entrepreneur

  • Bagikan
Pengusaha (Ilustrasi). Pixabay.com

KABARINDAH.COM – Secara etimologis, entrepreneur berasal dari bahasa Inggris, yang menurut Holt (1992), diambil dari bahasa Prancis yakni entreprendre. Arti entreprendre seperti terdapat dalam buku The Concise Oxford French Dictionary (1980) ialah sebagai proses to undertake (menjalankan, melakukan, berusaha), to set about (memulai), to begin (memulai); to attempt (mencoba, berusaha).

Di dalam bahasa Jerman menggunakan kata unternerhmer yang diturunkan dari kata kerja unternehmen yang berarti sama dengan arti entrepreneur (Sukardi, 1991). Jadi, entrepreneur digunakan untuk menyebut orang yang gagah berani atau perkasa dalam usaha. Dalam bahasa sederhana, orang yang melakukan suatu kegiatan usaha secara mandiri.

Nah, berikut ini, 10 Sifat yang lekat dengan seorang Entrepreneur versi kabarindah.com

1. Cerdas Emosional

Kecerdasan emosional menurut Wikipedia adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol semua emosi yang dimilikinya dan orang di sekitarnya.

Orang yang cerdas secara emosi akan bersikap lebih tegas dan mampu mengendalikan perilakunya sehingga bisa terbebas dari perilaku-perilaku negatif. Orang yang cerdas secara intelektualnya bisa gagal dalam membangun bisnisnya, tetapi jika memiliki kecerdasan secara emosi, peluang suksesnya bisa mencapai 90 persen.

2. Niat dan Tekad Kuat

Saat pertama kali memulai bisnis, tentu Anda akan berhadapan dengan banyak hal baru yang belum Anda ketahui sebelumnya. Dengan memiliki niat dan tekad kuat sejak awal, Anda akan bisa melewati semua hal tersebut dengan lancar.

Baca Juga:  Inilah 10 Perempuan Kaya Raya Asal Amerika Serikat Versi Forbes 2021

Berbeda jika niat Anda dari awal masih setengah-setengah, hasil yang Anda dapatkan juga tidak akan maksimal. Jadi jika dari awal niat dan tekad Anda belum kuat, lebih baik ditunda dulu terjun menjadi seorang entrepreneur.

3. Disiplin Tinggi

Disiplin adalah salah satu karakter yang wajib dimiliki oleh seorang entrepreneur. Disiplin juga menjadi cerminan seseorang pekerja yang profesional.

Jadi jika Anda ingin menjadi entrepreneur yang sukses, sudah sepantasnya Anda mulai mendisiplinkan diri agar bisnis yang Anda jalankan bisa terus berkembang. Dengan memiliki sifat disiplin, Anda tidak akan lagi menunda-nunda pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.

4. Memiliki Kemauan Keras

Dalam dunia bisnis, hambatan, rintangan, tantangan, dan masalah seolah menjadi hal biasa yang ditemui. Dengan memiliki mental dan karakter, serta kemauan yang keras untuk bisa sukses, seorang entrepreneur akan bisa melewati semua itu dengan lancar. Menurut beberapa entrepreneur yang sudah sukses, kemauan yang keras ini menjadi salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur yang ingin sukses.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Yuk Bangun Peradaban Baru dengan Menghidupkan Ekonomi Kreatif

5. Percaya Kemampuan Diri

Percaya terhadap kemampuan diri sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Seorang entrepreneur yang memiliki karakter percaya pada kemampuan diri, akan lebih bisa mengendalikan keraguan dan kegelisahan dalam menjalani bisnis. Sebab, dengan kepercayaan diri yang tinggi, Anda akan bisa menentukan keberhasilan bisnis yang Anda jalankan, karena percaya diri menjadi cerminan seorang yang sukses.

6. Berani Mengambil Risiko

Anda sebagai pemilik seringkali dituntut untuk menentukan keputusan penting dalam bisnis yang sedang Anda jalani. Tentunya ini akan menyangkut masa depan bisnis yang Anda miliki. Maka dari itu, Anda harus bisa berpikir matang-matang saat mengambil keputusan.

Keputusan untuk berani mengambil risiko ini menjadi salah satu mental dan karakter seorang entrepreneur, jika terjadi risiko kerugian itu sudah biasa dalam bisnis, tugas Anda adalah bagaimana kesalahan itu tidak terulang kembali.

7. Pantang Menyerah

Seorang entrepreneur haruslah memiliki jiwa pantang menyerah. Karena dalam kenyataannya, bisnis yang dijalankan tidak akan semulus yang dibayangkan, banyak kejadian-kejadian di luar dugaan.

Ketika hal buruk terjadi pada bisnis Anda seperti kerugian, jiwa pantang menyerah inilah yang sangat diperlukan. Segeralah bangkit dan coba kembali, biarlah kegagalan kemarin menjadi pengalaman yang berharga untuk Anda.

Baca Juga:  Srikandi BRI: Perempuan Tangguh Dukung Kewirausahaan Sosial Ekonomi Berkelanjutan

8. Jujur

Untuk membangun rasa percaya antar pelaku bisnis, cara yang paling tepat adalah dengan kejujuran. Karena kepercayaan tidak akan dibangun dari kebohongan. Kejujuran ini haruslah mulai dibangun dalam lingkungan bisnis.

Jika tidak, maka bisnis dapat dipastikan tidak akan bertahan lama. Dengan adanya kejujuran di dalam bisnis, maka semua pihak tidak akan dirugikan.

9. Kreatif dan Inovatif

Memiliki karakter kreatif dan inovatif menjadi hal yang penting, karena persaingan di dunia bisnis yang sangatlah ketat. Kreatif adalah suatu sifat untuk mencari hal-hal yang baru dan inovatif adalah sifat yang selalu mencari solusi kreatif.

Kreatif dan inovatif merupakan paket lengkap yang harus dimiliki jika ingin menguasai pasar dalam bisnis. Dengan menciptakan produk baru yang berbeda dengan produk lainnya, maka bisnis Anda akan mempunyai nilai lebih di mata konsumen.

10. Ikhlas dan Bersyukur

Terakhir, mental dan karakter seorang entrepreneur adalah ikhlas dan bersyukur terhadap hasil yang didapatkan. Meskipun satu sisi seorang entrepreneur dituntut untuk memiliki tekad dan kemauan yang keras untuk bisa sukses.

Namun di sisi lain, entrepreneur juga harus memiliki sifat selalu ikhlas dan bersyukur terhadap penghasilan yang di dapatkannya.

  • Bagikan