Bisnis  

Menggarap Potensi Pasar Milenial, Ini Trik dan Cara yang Harus Dilakukan Entrepreneur

Pemiliki bisnis dan biro perjalan AS Ventours Andriyanto Suprayitno.***

KABARINDAH.COM – Saat ini milenial menjadi generasi yang banyak diincar sebagai pasar potensial para entrepreneur dalam memasarkan produk khususnya lewat dunia digital karena mereka aktif platform tersebut.

Begitulah salah satu poin penting yang disampaikan pemiliki bisnis dan biro perjalan AS Ventours, Andriyanto Suprayitno, dalam webinar “Trik-Trik Anak Milenial Sukses Berwirausaha di Negara Adikuasa”, Selasa (05/07/2022) lalu.

Acara yang digelar secara virtual tersebut diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) komisariat Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Bandung.

Soal inovasi

Andriyanto Suprayitno menjelaskan generasi milenial menjadi pasar yang sangat besar dibandingkan dengan generasi lainnya. Pangsa pasar di kalangan ini bisa dieksplorasi oleh para entrepreneur untuk menjual produk mereka.

Baca Juga:  Inilah Langkah Strategis UIN Bandung Tingkatkan Hak Paten Dosen dan Mahasiswa

Apalagi kalau entrepreneur paham betul bagaimana karakter generasi milenial yang salah satunya mereka sering kali menyukai produk dengan inovasi yang terus-menerus ada. Mereka menyukai produk yang baru dan kekinian.

”Pada satu sisi hal tersebut justru memberi kita sebuah peluang terkait nilai lebih apa yang bisa kita tawarkan kepada generasi tersebut,” ucap Andriyanto Suprayitno.

Andriyanto Suprayitno lebih jauh mengungkapkan bahwa tidak hanya piawai di dunia online dan digital, generasi milenial juga merupakan orang-orang berpendidikan yang rajin mencari dan mengakses informasi.

Oleh karena itu, sambung Andriyanto Suprayitno, dalam memasarkan produk ke generasi milenial, para entrepreneur perlu menceritakan brand yang dimiliki, baik itu berupa barang maupun jasa, dengan cara yang sesuai selera mereka.

Baca Juga:  Tertarik Buka Gerai Minimarket Indomaret dan Alfamart? Berikut Prosedurnya

”Ceritakanlah soal brand produk bisa melalui situs web dan konten yang menarik di saluran media sosial,” jelas Andriyanto Suprayitno.

Ulasan produk

Alasan lainnya kenapa menceritakan brand itu penting, tutur Andriyanto Suprayitno, karena generasi milenial sering kali melihat ulasan barang yang hendak dibeli.

Hampir 97 persen milenial yang membeli suatu barang itu percaya kepada yang namanya review atau ulasan yang ada di sosial media.

Saking pentingnya ulasan suatu produk, para entrepreneur bahkan ada yang sampai menyewa jasa dari influencer untuk mengulas barang atau produk tersebut.

”Dengan menyewa jasa influencer, membuat cerita soal produk semakin nyata, menarik, dan mudah dipahami sehingga semakin pula barang atau jasanya itu bisa dijual ke para pembeli,” kata Andriyanto Suprayitno.

Baca Juga:  Ayo Cari Model Mahasiswa dalam Menulis

Di samping membikin ulasan soal produk, entrepreneur juga harus memperhatikan konten visual produk yang dibuat. Konten visual itu harus didesain semenarik mungkin. Selain itu, perlu juga ditambahkan dengan ajakan atau mengingatkan para pembeli untuk menyukai postingan.

”Kalau kita memasukan judul, keterangan foto, suara, dan gambar yang bagus untuk konten, tentu postingan tersebut akan mudah dipahami serta tepat sasaran kepada market yang dituju,” tandas Andriyanto Suprayitno.***(Firman Katon)