Kabar  

10 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Terbaik Versi Webometrics Januari 2023. No 1 UIN Bandung

KABARINDAH.COM – Webometrics Ranking Web of Universities kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pun berhasil masuk dalam daftar tersebut.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan 3 indikator: openness, excellence, dan visibility.

Pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Berikut 10 PTKN terbaik versi Webometrics Januari 2023:

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung)

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi PTKN terbaik se-Indonesia berdasarkan peringkat Webometrics. Dalam pemeringkatan tersebut, diketahui juga bahwa universitas yang berlokasi di Jalan A.H. Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini berada pada ranking ke-3.329 dunia versi Webometrics. Peringkat ini naik dibanding saat rilis Juli 2021 yang berada di ranking ke-3.913

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Gubernur Anies Pastikan Jakarta Sebagai Kota Bebas Pungli

Informasi selengkapnya tentang universitas yang memiliki sembilan fakultas ini dapat diakses pada laman https://uinsgd.ac.id/.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta)

Di posisi ke-2 PTKN terbaik ditempati UIN Syahid Jakarta. Universitas yang telah melahirkan banyak cendekiawan ini menduduki peringkat ke-3.697 dari universitas dunia versi Webometrics. Peringkat ini juga naik dibanding rilis Juli 2021. Saat itu, UIN Jakarta berapa pada peringkat ke-4.317 dunia.

Kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan ini juga merupakan cikal bakal pengembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Informasi terkait UIN Syahid Jakarta dapat diakses pada laman https://www.uinjkt.ac.id/id/.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 

Di posisi ke-3 PTKN terbaik versi Webometrics ada UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas yang memiliki visi untu menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional ini berada pada posisi ke-4.062 dunia versi Webometrics, atau naik dari ranking ke-5235 pada rilis Juli 2021.

Baca Juga:  Luar Biasa! Mahasiswa UIN Bandung Sabet Juara II Lomba Dakwah Pekan Islami Nasional

Info tentang universitas yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini dapat diperoleh melalui laman https://w3.uinsby.ac.id/.

4. IAIN Palangka Raya

Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menjadi PTKN yang berada pada peringkat berikutnya. Kampus yang memiliki visi “Menjadi perguruan Tinggi yang Unggul, Berkarakter Islami Terpercaya di kawasan Asia pada Tahun 2039” ini berada pada ranking ke-5.035 dunia versi Webometrics Januari 2023.

Info tentang kampus ini dapat diperoleh melalui laman https://www.iain-palangkaraya.ac.id/site/

5. UIN Ar-Raniry Aceh

Pada urutan berikutnya ada UIN Ar-Raniry, Aceh. Berdasarkan rilis Webometrics Januari 2023, kampus ini menempati ranking ke-5.351 dunia. Info selengkapnya terkait kampus yang awal berdirinya merupakan Fakultas Syari’ah dan Fakultas Tarbiyah cabang IAIN Sunan Kalidjaga Yogyakarta pada 1960 an ini dapat diperoleh melalui https://uin.ar-raniry.ac.id/index.php/id.

Baca Juga:  Delegasi LKDM UIN Bandung Raih Juara I Kompetisi Debat Hukum Tingkat Nasional pada Unissula Law Fair 2021

Adapun lima PTKN lainnya yang masuk 10 besar terbaik versi Webometrics yang dirilis Januari 2023 adalah IAIN Ponorogo (5.360), UIN Alauddin Makassar (5.370), UIN Walisongo (5.432), Institut IAIN Kendari (5.548), dan UIN Raden Intan Lampung (5.695)