Kabar  

Waspada! Mutasi Corona India Masuk Indonesia, 10 Orang Positif

KABARINDAH.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut mutasi virus corona baru di India telah memasuki wilayah Indonesia. Setidaknya, sudah ada 10 orang di Tanah Air yang terkena mutasi virus tersebut.

Hal tersebut dikemukakan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/4/2021).

“Virus itu sudah masuk ke Indonesia. Ada 10 orang sudah terkena virus tersebut.” kata Budi.

Budi mengemukakan mutasi virus tersebut terdeteksi berada di tiga provinsi yaitu Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan. Mayoritas keberadaan virus tersebut, berasal dari luar negeri.

“Enam di antaranya impor, jadi masuk dari luar negeri, empat di antaranya adalah transmisi lokal. Ini yang kita perlu jaga. Dua di Sumatera, satu di Jawa Barat, satu di Kalimantan Selatan,” katanya.

Baca Juga:  KemenKominfo tindak lanjuti Dugaan Jual-Beli Selfie KTP

Pemerintah, ditegaskan Budi, telah melakukan tindakan penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas. Selain itu, pemerintah juga telah menolak keberadaan orang asing yang memiliki riwayat ke India.

“Untuk WNI masih boleh masuk. Tapi protokol kesehatan kita perketat sehingga mereka harus stay 14 hari untuk WNI yang 14 hari terakhir pernah mengunjungi India mereka tetap diizinkan masuk. Tapi mereka harus dikarantina 14 hari.” katanya.