Kabar  

UIN Bandung – Untirta Gelar Workshop Penulisan Artikel Pengabdian kepada Masyarakat

KABARINDAH.COM-Pendidikan tinggi di Indonesia memiliki kewajiban meningkatkan publikasi artikel di jurnal ilmiah. Salah satunya publikasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat.

 

 

Acara Workshop Penulisan Artikel Pengabdian kepada Masyarakat digelar oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Acara yang diikuti 25 dosen ini berlangsung di Hotel Amaroossa Bandung dari Hari Kamis-Jumat (6-7/10/2022).

 

 

Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si., Dekan FISIP Untirta membuka acara. “Publikasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat hendak kita tingkatkan. Sebab, publikasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat belum signifikan dibandingkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah hasil riset,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bimtek Karya Tulis Ilmiah, Langkah Nyata Tingkatkan Potensi Analis Kebijakan Kemenag

 

 

Dr. Idi Dimyati, M.I.Kom., Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta menyampaikan paparan. “Saat ini jurnal pengabdian kepada masyarakat tengah dikembangkan di tingkat prodi. Oleh karena itu, produktifitas dosen sangat diharapkan dalam penulisan artikel pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

 

 

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Ronny Yudhi Septa Priana, M.Si. memandu acara dan Darwis Sagita, M.I.Kom. bertindak selaku moderator. Kegiatan ini menghadirkan narasumber, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

 

 

Narasumber ini adalah juga penanggungjawab “Kelas Menulis” yaitu istilah lain dari “Writing Center” di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Sejauh ini kami tengah mengembangkan kapasitas mahasiswa sejak 2020. Sehingga telah dihasilkan publikasi ilmiah dalam jumlah yang cukup signifikan sampai tahun 2022,” tuturnya.

Baca Juga:  Komitmen UIN Bandung Berbasis Growth Mindset untuk Langkah Future Practice Penulisan Artikel Mahasiswa

 

 

“Publikasi ilmiah dibangun melalui agenda kemitraan dosen bersama mahasiswa dalam pelaksanaan berbagai kegiatan akademik mencakup riset dan pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya.

 

 

Narasumber hadir bersama pendamping, Adi Kurnia, M.Si, konsultan Kelas Menulis. Turut serta pula tim manajemen Kelas Menulis, yaitu Hidayatul Fikra, Susanti Vera, dan Fitriani. Kelas ini memiliki peran mengelola jurnal ilmiah dan melakukan akselerasi publikasi ilmiah melalui fasilitasi, pelatihan, dan pelaksanaan konferensi di lingkungan mahasiswa.

 

 

Dosen antusias memberi tanggapan seputar pengalaman Kelas Menulis. Antara lain dikemukakan oleh Dr. Naniek Afrilla, M.Si. dan Dr. Mia Dwiana Widyaningtyas, M.I.Kom. terkait model dan distingsi artikel pengabdian serta gaya selingkung jurnal pengabdian kepada masyarakat. Dr. Idi Dimyati, M.I.Kom., Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta, juga meminta agar pelaku Kelas Menulis memaparkan pengalaman.

Baca Juga:  DPD ASKOPIS Jawa Barat dan Prodi KPI UIN Bandung Gelar Webinar Komunikasi Islam Jilid 2

 

 

Di acara ini mengemuka harapan Dekan Fakultas Ushuluddin untuk kerjasama startegis dengan FISIP Untirta, khususnya Prodi Ilmu Komunikasi. Adapun kerjasama ini dapat berupa kolaborasi riset dan pengabdian kepada masyarakat serta penulisan artikel lintas pendidikan tinggi termasuk pengelolaan jurnal ilmiah, baik jurnal riset maupun jurnal pengabdian kepada masyarakat, melalui pengembangan Kelas Menulis.