Kabar  

Baitul Arqam Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UM Bandung Sukses Digelar

Suasana Baitul Arqam mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UM Bandung di Auditorium KH Ahmad Dahlan pada Sabtu-Minggu (08-09/10/2022) (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

KABARINDAH.COM, Bandung — Alhamdulillah sebanyak 490 mahasiswa dari Fakultas Sains & Teknologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) mengikuti Baitul Arqam dari Sabtu-Minggu (08-09/10/2022).

Baitul Arqam ini berlangsung terpusat di Auditorium KH Ahmad Dahlan lantai tiga UM Bandung dengan tertib dan khidmat. Para mahasiswa tampak antusias mengikuti kegiatan rutin ini dari awal sampai akhir.

Pada hari pertama, para mahasiswa mendapat sejumlah materi dari dosen dan pakar UM Bandung. Di antaranya materi terkait keislaman, kemuhammadiyahan, sejarah Muhammadiyah, dan sebagainya.

Pada hari pertama juga, saat malam hari, penyampaian materi tetap berlangsung dengan sistem hybrid. Pada dini hari dilanjutkan dengan shalat tahajud di tempat masing-masing.

Baca Juga:  Interpol Sita Ratusan Vaksin Covid-19 Palsu, 3 Warga Cina Dibekuk

Adapun pada hari penutupan, hari kedua (Minggu 09 Oktober 2022), para peserta mendapat pengenalan dan materi terkait praktek ibadah. Misalnya praktek wudu, shalat, tayamum, mandi janabah, shalat jenazah, dan sebagainya.

Nama baik kampus

Baitul Arqam diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyah (LPPAIK).

Terkait pentingnya Baitul Arqam, Ketua LPPAIK UM Bandung Dikdik Dahlan Lukman mengatakan bahwa Baitul Arqam menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa UM Bandung pada semester akhir nanti.

Dikdik berpesan kepada ratusan mahasiswa agar menjaga nama baik kampus UM Bandung, terutama Muhammadiyah-nya.

UM Bandung mengusung tagline Islamic Technopreneurial University. LPPAIK dalam hal ini punya tugas untuk mewujudkan “islamic” dalam tagline tersebut, salah satunya wujudnya melalui Baitul Arqam.

Baca Juga:  Ayo Cari Model Mahasiswa dalam Menulis

Untuk informasi, Baitul Arqam mahasiswa UM Bandung terbagi ke dalam empat sesi sesuai dengan jumlah fakultas. Adapun sesi pertama ini diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Sains dan Teknologi UM Bandung. ***(FA)