Pojok  

Kami Mengerti Pengembangan Keterampilan Mahasiswa

Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

KABARINDAH.COM-Kami mengerti masing-masing kemampuan keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Setiap mahasiswa mempunyai kekuatan keterampilan spesifik dalam bagian-bagian struktur penulisan artikel ilmiah.

Ada mahasiswa yang sangat cermat dan teliti dalam menghindari typo dan kesalahan-kesalahan teknis penulisan dan mampu mengoperasikan manajemen referensi Mendeley dengan baik. Beberapa mahasiwa ketika latihan berlangsung dan mengirim hasil latihannya ke email secara bertahap untuk dikoreksi nyaris tidak ada revisi. Juga ia mampu mencantumkan kutipan (sitasi) di bagian daftar pustaka secara valid.

Namun, boleh dikatakan belum dijumpai mahasiswa yang benar-benar mampu menguasai keseluruhan struktur artikel ilmiah. Mahasiswa tampak kuat dalam menyajikan bagian tertentu tetapi terlihat masih kurang dalam penyajian bagian yang lain. Bisa dikatakan masing-masing mahasiswa mempunyai passion dan spesialisasi berpulang pada bagian mana yang ia sukai dari struktur artikel ilmiah.

Baca Juga:  Mau Jadi Delegasi IYEC Chapter Turkey 2023, Kuliah di Kampus Ini Aja

Terkadang mahasiswa yang produktif sangat kuat ketika menyajikan bagian A di salah satu artikelnya. Tetapi penyajian bagian yang sama (bagian A) di artikel yang lainnya kurang begitu kuat. Ini pasti sangat bergantung mood saat menulis artikel.

Karena masing-masing mahasiswa memiliki spesialisasi dan tidak selalu serta merta punya mood yang baik, maka peer group (grup sejawat) bisa menjadi solusi. Grup sejawat berperan untuk saling menguatkan berdasarkan masing-masing spesialisasi dan saling menyemangati.

Mungkin pelik menemukan orang yang benar-benar mampu menguasai keseluruhan bagian struktur artikel ilmiah. Namun, di sinilah peluangnya, kita bisa mendalami keseluruhan bagian secara terjadwal dimulai dari bagian yang paling disukai.

Kami mengerti kemampuan keterampilan spesifik masing-masing mahasiswa berdasarkan pendampingan intensif dan pemantauan perkembangannya secara cermat sejak Tahun 2020 sampai Tahun 2023 ini. Pendampingan dan pemantauan ini dilakukan melalui Kelas Menulis yang didirikan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Tahun 2020.

Baca Juga:  Kita Boleh Terluka, Tapi Jangan Pernah Patah

Karena itu, Kelas Menulis ini boleh disebut juga sebagai pusat pengembangan keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Sejauh ini mahasiswa sangat luar biasa, bersedia menempa kemampuan keterampilannya. Tentu, hal ini mesti ditingkatkan sampai benar-benar ahli.