Kabar  

Tampilkan Beragam Karya Mahasiswa, Kriya Tekstil dan Fashion UM Bandung Gelar Pameran

Dua mahasiswa sedang melihat-lihat karya seni hasil olah para mahasiswa program studi Kriya Tekstil dan Fashion Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) pada pameran karya seni bertema "Upangga Artista Exhibition" di selasar lobi utama UM Bandung, Kamis 28 Juli 2022.***

KABARINDAH.COM – Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion (KTF) Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) angkatan 2021 mengadakan pameran karya mahasiswa dengan tema “Upangga Artista Exhibition”.

Acara yang berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat (27-29/07/2022), diselenggarakan di lobi utama kampus UM Bandung.

Menurut ketua pelaksana sekaligus mahasiswa Prodi KTF UM Bandung, Hermawati, kegiatan “Upangga Artista Exhibition” merupakan pameran yang menampilkan hasil karya dari mahasiswa KTF angkatan 2021.

“Kegiatan yang menutup masa perkuliahan tingkat pertama ini menghadirkan beragam tugas selama dua semester seperti Nirmana 2 Dimensi, Nirmana 3 Dimensi, Gambar Bentuk, dan proses kreatif,” ucap Hermawati.

Arti Upangga Artista

Upangga Artista Exhibition berasal dari bahasa sansekerta, yakni “Upangga” berarti berkarya dan “Artista” memiliki makna keteknikan, ketangkasan, dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu.

Baca Juga:  Wali Kota Sukabumi Dapat Penghargaan Bangga Kencana, Ini Reaksinya

”Arti lengkapnya memiliki makna berkarya untuk melatih dan mengolah kepekaan rasa, serta meningkatkan dan mengembangkan basic berkarya rupa,” tutur mahasiswa KTF angkatan 2021 tersebut.

Pamerkan 120 karya mahasiswa

Acara tersebut menampilkan kurang lebih 120 karya dan 28 mahasiswa dari proses kurasi oleh para dosen KTF UM Bandung.

“Aku berharap pameran ini bisa berkelanjutan, enggak hanya sekarang saja,” tanggapnya.

Ketua Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion (KTF) UM Bandung Dra Saftiyaningsih Ken Atik MDs mengatakan secara umum karya mahasiswa dalam pameran itu akan dinilai berdasarkan kreativitas terutama kedisiplinan.

“Kedisiplinan dalam hal teknis, pengumpulan waktu, penggunaan material yang tepat dan baik serta proper untuk menghasilkan karya yang baik juga,” ungkap Ken Atik.

Baca Juga:  Dosen Farmasi UM Bandung Berpartisipasi dalam Online Summer Course yang Digelar APTFMA

Karya mahasiswa jadi ikon kampus UM Bandung

Ken Atik mengatakan beberapa karya mahasiswanya bisa menjadi salah satu ikon kampus, seperti statue yang menandakan kampus UM Bandung di wilayah Bandung Timur.

“Ketika orang melihat ikon tersebut, mereka sudah akan langsung tahu oh itu adalah kampus UM Bandung,”  tuturnya.

Tidak hanya itu, pameran karya mahasiswa KTF tersebut menunjukkan bahwa prospek lulusan KTF semakin jelas.

“Nah dengan melihat pameran tingkat pertama ini, paling tidak sudah mulai kebayanglah setelah lulus mereka mau apa,” tegas Kaprodi KTF.

Bandungmu Craft and Fashion Week

Dalam waktu dekat, Prodi KTF UM Bandung akan menggelar acara bertema Bandungmu Craft and Fashion Week (BCFW).

Baca Juga:  Kuatkan Pemahaman Al Islam dan Kemuhammadiyahan Karyawan, LPPAIK UM Bandung Akan Gelar Baitul Arqam

Acara tersebut akan menghadirkan beberapa karya dari para mahasiswa dan alumni KTF UM Bandung.

Menurut informasi, beberapa perguruan tinggi, para pelaku industri, dan ekonomi kreatif akan menghadiri acara tersebut.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut di antaranya Wakil Rektor I UM Bandung, Dekan Sosial dan Humaniora UM Bandung, Kaprodi KTF UM Bandung, Kepala Pusat Studi Serat Biologi Unpad, PWM Jabar, dan tamu undangan lainnya.***(Firman Katon)