Kabar  

Talkshow My Ilkom: Kupas Tuntas Proses Adaptasi Pembelajaran Hibrid di UIN Bandung

KABARINDAH.COM-Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali menggelar acara talkshow MY ILKOM edisi ke 10 yang dihadiri oleh dua orang narasumber yaitu Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Dr. H. Enjang AS., M.Ag., M.Si selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jumat (26/11/2021) malam.

Percobaan pembelajaran secara hibrid atau yang disebut dengan istilah Perkuliahan Tatap Muka Terbatas (PTMT) telah dilaksanakan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal ini tentunya sesuai dengan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan adanya pembelajaran tatap muka secara terbatas pada daerah yang berada di zona level 2 COVID-19 dengan kapasitas 50%. Kota Bandung sendiri pada saat ini berada pada level tersebut, sehingga pihak UIN Sunan Gunung Djati bisa melakukan percobaan perkuliahan tatap muka terbatas ini.

Baca Juga:  KRI Nanggala-402 Akhirnya Ditemukan di kedalaman 838 Meter

Prof. Dr. H. Rosihon Anwa, M.Ag mengatakan bahwa percobaan perkuliahan tatap muka terbatas ini hanyalah sebuah percobaan bukan keharusan. “yang bisa mendaftar untuk mengikuti percobaan ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan bimbingan, mahasiswa yang memiliki beberapa penyelesaian kegiaatan seperti penyelesaian di Laboratorium Terpadu dan untuk mahasiswa angkatan 2020/2021 saja. Dan dari 250 ruangan kelas yanga ada, pihak universitas telah menyiapkan sebanyak 100 ruangan yang telah dilengkapi dengan berbagai macam kebutuhan untuk menunjang perkuliahan tatap muka terbatas ini,” tegasnya.

Tidak hanya itu saja, Prof Rosihon menyampaikan persiapan lainnya juga dilakukan oleh pihak universitas seperti membuat gugus tugas PTMT ini yang diketuai oleh Wakil Rektor III dan hal yang penting dalam tahap persiapan PTMT ini adalah koordinasi dengan klinik UIN Sunan Gunung Dajti Bandung, Puskesmas dan Satgas COVID-19. Dan sebagai tindak lanjutnya, maka setiap Fakultas harus membuat laporan secara berkala mengenai kondisi serta situasi yang terjadi guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga:  Ribuan Warga Sukabumi Datangi Gedung Juang 45, Ada Apa??

Dr. H. Enjang AS., M.Ag., M.Si, Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengatakan bahwa tiga hari sebelum kegiatan PTMT ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan secara ekstra seperti pembuatan jadwal, sosialisasi kepada mahasiswa serta dosen dan persiapan lainnya seperti persiapan ruangan, persiapan protokol kesehatan serta alat pembelajaran yang akan digunakan. “Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi sendiri, perkuliahan dilakukan di dua tempat yakni di gedung Laboratorium dan Aula hal ini tentunya disesuaikan dengan jaringan internet dimana dua ruangan ini memiliki jaringan internet yang cukup stabil,” jelasnya.

Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran hybrid ini sangat penting untuk dilakukan karena setelah adanya pandemi COVID-19 ini banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi dan salah satunya adalah perihal pembelajaran mahasiswa. “Penelitian tersebut menyatakan bahwa 52% mahasiswa berharap agar perkuliahan dilakukan secara offline namun sebanyak 42% mahasiswa menginginkan bahwa perkuliahan dilakukan secara online. Maka pembelajaran hybrid menjadi pertemuan dari masalah tersebut, sehingga dari percobaan ini nantinya akan terjadi peningkatan teknologi dalam dunia perkuliahan,” paparnya.

Baca Juga:  Menag Resmikan Gedung Pendidikan Profesi Guru, Rumah Tahsin dan Tahfidz UIN Bandung

Dr. Enjang menegaskan salah satu keuntungan lainnya “dari percobaan perkuliahan tatap muka terbatas ini adalah adanya adaptasi terhadap kebiasaan baru dan menurutnya juga percobaan ini tidak ada ruginya selama dinilai sebagai sebuah ibadah,” pungkasnya.

Dapatkan informasi terbaru, terkini, dan teraktual dengan mengikuti program kami, Talkshow My Ilkom yang diadakan setiap hari Jumat atau bisa juga menghubungi kami di kpmjilkomuinbdg@gmail.com atau dapat berkunjung ke Instagram kami di kpmjilkom.uinbdg