Menulis Itu Asyik, Ini 6 Tipsnya

  • Bagikan

Oleh Reni Muplihah MPd
(Magister Pendidikan STAI Sukabumi)

Menulis itu asyik loh. Kita bisa menuangkan apa-apa yang ada dalam benak kita ke dalam tulisan. Masih bingung untuk menuangkannya melalui kata-kata? Jangan bingung, tinggal tulis saja apa yang tersirat.

Yang membuat bingung itu biasanya karena kita terlalu banyak berpikir dan takut salah. Jangan takut salah ya! Dan biar tidak banyak bingung ada beberapa tips yang sebaiknya kita dilakukan. Ini dia tipsnya:

1. Just relaks
Biarkan pikiran kita serileks mungkin. Tarik nafas panjang dan hembuskan. Hal ini akan membantu kita menjadi santai dan tidak terbebani suatu apa pun. Bahkan akan membuat otak kita lebih fokus kepada apa yang akan kita kerjakan.

2. Jangan memaksakan diri
Segala sesuatu yang dipaksakan tidak akan berhasil baik. Jangan lakukan apa pun jika kita merasa terpaksa karena akan membuat kita kesal, marah, malas dan berakibat pada hasil yang tidak maksimal. Menulislah tanpa paksaan.

3. Menulislah tanpa beban
Saat kita menulis, jangan takut salah dan jangan terlalu berpikir bahwa tulisan kita tidak akan bagus dan tidak akan diterima oleh pembaca. Ini akan menjadi beban buat kita. Teruslah menulis dan biarkan imajinasi kita bergerak bebas sesuai kemauannya.

Tulislah dengan tenang, biarkan jari-jari kita bergerak bebas tanpa beban, berlanjut dari satu paragraf ke paragrap lainnya. Jika kita berhenti di tengah-tengah sebelum selesai maka saat kita melanjutkan tulisan, kita akan mengulang kembali konsentrasi yang sudah terfokus sebelumnya, sayangkan?

4. Buatlah menulis menjadi asyik
Kita punya cara tersendiri dalam melakukan apa-apa yang kita inginkan. Setiap orang pun mempunyai cara yang berbeda dan tidak akan sama dengan orang lain, termasuk menulis. Menulis dengan rileks, tidak terpaksa, tanpa beban dan buatlah menulis itu menjadi nyaman dan asyik. Misalnya menulis sambil santai mendengarkan lagu ditemani dengan sepiring cemilan dan segelas jus. Menulis di tengah di taman depan rumah sambil mendengarkan burung-burung berkicau. Just relaks dan terus menulis tanpa henti.

5. Jadilah pembaca pertama tulisan kita
Saat menulis benar-benar selesai, kita akan kembali ke permulaan saat kita memulai menulis. Ini artinya, kita kembali membaca tulisan kita. Membaca kembali sambil melihat apa saja yang perlu kita ubah dari kata-kata atau kalimat yang kurang baik atau kita mencocokkan Kkmbali paragraf demi paragraf, sehingga tulisan kita menjadi lebih baik dan maksimal.

6. Ayo posting
Kita harus tahu tujuan kita menulis itu untuk apa? Apakah hanya sebagai draf saja dan tulisan kita dibiarkan menumpuk memenuhi memori laptop kita? Atau tulisan kita hanya sebagai alat untuk mencurahkan isi hati saja dan hanya sekadar notes untuk dibaca suatu saat Ketika kita jenuh?

Ya tidak apa-apa. Tapi sebaiknya diposting saja karena Ini akan lebih baik dan akan menjadikan khazanah kekayaan dunia literasi semakin berdaya sehingga bisa dibaca banyak orang dan memberikan manfaat. Ingat, memberikan manfaat kepada orang lain itu berpahala loh. Nah tunggu apalagi? Ayo menulis!

 

 

 

 

 

 

  • Bagikan