Kabar  

Mahasiswa UMBandung Raih Juara 1 National Business Plan Competition

KABARINDAH.COM – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, tiga mahasiswa Program Studi Bioteknologi berhasil menjadi juara 1 dalam event National Business Plan Competition (NBPC) 2021. Ketiga mahasiswa itu ialah Anisa Nurul Huda, Arifa Nadya Nur Afifah, dan Tiwi Sartika.

Acara dengan tema “Bisnis Kreatif di Era Digital” tersebut merupakan lomba bisnis plan yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Jambi dalam memfasilitasi pengembangan ide bisnis mahasiswa.

Adapun rancang bisnis yang diajukan oleh ketiga mahasiswa UMBandung berupa penjualan produk yang dinamakan ”Balhyoca”, yakni teh yang difermentasikan dengan berbagai varian rasa yaitu teh melati, teh hijau, teh apel, kopi, dan bandrek.

Dihubungi terpisah, salah satu mahasiswa Bioteknologi UMBandung, Anisa Nurul Huda, mengatakan bahwa perlombaan tersebut berlangsung dari 16 Oktober hingga 02 November 2021.

”Awalnya kami itu lihat story whatsapp seorang teman, terus tertarik dan iseng coba daftar, ternyata alhamdulillah diberi kepercayaan untuk juara 1 dalam perlombaan tersebut, kami merasa senang dengan capaian ini,” ucap Anisa, via pesan singkat, Senin (13/12/2021).

Baca Juga:  Prodi Pendidikan Agama Islam UM Bandung Gelar Baitul Arqam Purna Studi

Anisa mengatakan, ada beberapa bidang yang bisa diikuti oleh para peserta dalam perlombaan tersebut, seperti teknologi, industri kreatif, kuliner, fashion, kecantikan, jasa, dan agribisnis.

”Para peserta harus mengumpulkan proposal bisnisnya sesuai dengan bidang dipilih, yang nantinya akan diseleksi menjadi 10 besar, lalu 3 besar,” tutur Anisa.

Meskipun di tengah kesibukan membagi waktu antara kuliah dan banyaknya tugas, tetapi Anisa bersama teman-temannya tetap semangat dalam mengembangkan produk yang dibuat.

”Nanti ke depannya produk ’Balhyocha’ karya kami ini akan terus mengeluarkan desain-desain ataupun varian unik lainnya agar bisa diterima oleh masyarakat secara luas,” pungkas mahasiswa yang akrab di sapa Icha ini.

Sama seperti Icha, mahasiswa Bioteknologi UMBandung lainnya, yakni Arifa Nadya Nur Afifah, mengaku merasa senang atas raihan mereka menjadi jawara dalam perlombaan tersebut.

Baca Juga:  Bagi Warga Muhammadiyah, Ini 28 Lokasi Sholat Idul Adha di Kota Bandung

Arifa dan kawan-kawannya merasa bangga bisa mengharumkan nama kampus UMBandung tercinta dengan meraih peringkat pertama.

”Pada awalnya, saya dan teman-teman hanya ingin mendapatkan banyak pengalaman saja dari perlombaan tersebut. Namun, alhamdulillah Allah menakdirkan kami untuk menjadi juara 1, kami tidak menyangka bisa lolos dan memenangkan perlombaan tersebut,” kata Arifa.

Bukan sekadar lomba

Arifa berharap, ia dan teman-temannya bisa mengikuti terus lomba yang serupa sembari menjalankan bisnisnya agar tetap terus berjalan dengan lancar.

”Selain itu, kami juga berharap dengan adanya produk kami, orang-orang bisa menikmati dan merasakan manfaat dari apa yang kami buat ini,” Imbaunya.

Arifa berbagi tips kepada siapa pun bahwa jika baru memulai berbisnis, sebaiknya bisnis tersebut diuji terlebih dahulu, salah satunya dengan diikutkan dalam perlombaan. Tujuannya tentu saja agar bisa mengetahui bagaimana pengelolaan bisnis yang baik.

Baca Juga:  Perhatian dan Apresiasi Gubernur Anies Pada Kontingen PON XX DKI Jakarta Bikin Bahagia

”Namun, harus diingat juga oleh kita bahwa jangan pernah menjadikan kejuaraan atau perlombaan sebagai satu-satunya patokan untuk meraih sukses dalam berbisnis, semua itu bergantung salah satunya pada proses bagaimana kita menjalankan bisnis,” tandasnya.

Sekilas mengenai Balhyocha

Balhyocha merupakan teh yang difermentasi (kombucha) dengan menggunakan starter mikroba (SCOBY). Balhyocha (kombucha) punya beragam manfaat, di antaranya dapat mendetoksifikasi tubuh; melancarkan pencernaan; meningkatkan kekebalan tubuh; mengatasi rematik; menurunkan tekanan darah tinggi; dapat mengurangi risiko kanker; dan lain-lain.

Selain itu, Balhyocha ini memiliki berbagai varian rasa, di antaranya teh melati, teh hijau, teh apel, kopi, dan bandrek, yang dimana dijual seharga Rp18.000.,00/botol kemasan 250mL.

Bagi Anda yang ingin mengetahui dan membeli produk ini, silakan bisa lihat informasi di Instagram @balhyocha_ atau bisa klik dilink https://instagram.com/balhyocha_?utm_medium=copy_link.