Kabar  

Kota Sukabumi Segera Bangun Patok Titik Nol Kilometer

KABARINDAH.COM–Pemerintah Kota Sukabumi tengah membangun patok titik nol kilometer di sekitar Toko Aloha di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. Kegiatan ini bersamaan dengan pembangunan kawasan Pedestrian Jalan Ahmad Yani.

Lokasi titik Nol Kilometer ini menentukan dimulainya penghitungan jarak Sukabumi dengan daerah lain.

” Pembangunan patok nol kilometer bersamaan dengan pengerjaan proyek jalur pedestarian Jalan Ahmad Yani yang ditargetkan rampung pada Desember 2021 ini,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Selasa (12/10). Lokasi tepatnya berada di Aloha, samping pusat perbelanjaaan Citimall.

Fahmi menjelaskan, sebelumnya ada perbedaan pendapat tentang keberadaan titik nol kilometer Sukabumi ini. Di mana ada yang mengatakan di Aloha, depan Kantor Dinas Pengerjaan Umum Provinsi Jawa Barat dan di Pendopo Sukabumi.

Baca Juga:  Keren, Kota Sukabumi Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-Turut

Namun setelah dilakukan kajian dari data dan fakta yang ada dan yang paling kuat itu di Aloha. ” Makanya bersepakat titik nol kilometer ditetapkan di Aloha yang dulu, ini berdasarkan saksi para sesepuh ada paneng yang mengatakan di sanalah titik nol kilometer,” tegasnya.

Ia berharap dibangunnya patok atau kawasan nol kilometer tersebut mampu menjadi bukti sejarah untuk generasi mendatang dan membawa semangat untuk terus melakukan perbaikan. Termasuk menjadi wisata sejarah dan pengembangan ekonomi sekitar.

” Desain titik nol kilometer akan dibangun di sekitar Toko Aloha di dengan simpang tiga Jalan PGRI/Balai Desa di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi,” tutup Fahmi.