Bisnis  

Jakpreneur Fest 2021 Gandeng Shopee Diapresiasi Menteri Koperasi dan UKM RI

KABARINDAH.COM – Rangkaian kegiatan Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee resmi berakhir ditandai dengan digelarnya Malam Apresiasi Jakpreneur 2021 di Museum Bank Mandiri, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (24/10/2021). Malam Apresiasi menjadi bagian dari Jakpreneur Fest 2021 yang dimulai sejak bulan Mei 2021 lalu.

Dalam acara ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Jakarta Experience Board (JXB) dan Shopee memberikan apresiasi kepada pemenang kategori Digital Learner, Eksportir Terbaik Jakarta, dan kategori Pertumbuhan UKM Terbanyak yang telah berhasil melewati periode Kompetisi Bisnis dalam program Jakpreneur Fest 2021.

Pada kesempatan itu, Pemprov DKI Jakarta juga menandatangani perjanjian kerja sama untuk pengembangan UMKM DKI Jakarta bersama dengan perusahaan e-commerce Shopee.

Baca Juga:  Viral Kabar Soal Pajak Pulsa dan Token Listrik. Ini Penjelasannya, Biar tak Gagal Paham

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan Jakpreneur Fest 2021. Menurutnya, sinergi antara pemerintah dan pihak swasta dapat mewujudkan ekosistem digital untuk UMKM dapat bersaing secara global.

“Jakpreneur Fest merupakan solusi bagi UMKM di tengah pandemi COVID-19. Kita tahu pandemi telah berdampak besar bagi UMKM, baik supply dan demand. Kami memiliki catatan, UMKM yang bisa bertahan adalah yang bertumpu di ekosistem digital,” ujarnya, saat menghadiri Malam Apresiasi Jakpreneur 2021, Minggu (24/10) malam.

Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi mengatakan, JXB sebagai katalisator program-program Pemprov DKI Jakarta terus berkontribusi dalam upaya pengembangan UMKM Jakarta.

Sebab, UMKM merupakan titik tumpu yang memiliki andil besar dalam perputaran roda perekonomian Indonesia, termasuk untuk para pelaku usaha lokal di DKI Jakarta.

Baca Juga:  Praktik Impor Ilegal Via e-Commerce Diberantas. Ini Alasannya

“Terdapat 1,1 juta UMKM di Jakarta yang berpotensi untuk dikembangkan melalui sinergi antara pemerintahan dan swasta guna berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Serangkaian program Jakpreneur Fest 2021 diharapkan dapat membawa UMKM Jakarta naik kelas, bahkan hingga dapat menembus pasar global,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menuturkan, Malam Apresiasi Jakpreneur Fest 2021 merupakan bentuk apresiasi kepada para UMKM yang telah memberikan ide terbaiknya pada kegiatan kompetisi bisnis Jakpreneur Fest 2021 dan pengumuman Jakpreneur Terbaik Tahun 2021.

Melalui kegiatan ini juga menjadi bentuk apresiasi UMKM dengan performa yang baik selama berada dalam penyelenggaraan program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu melalui platform Jakpreneur.

Baca Juga:  Akhiri Perseteruan dengan Youtuber, CEO EIGER Minta Maaf, Ronny: Dunia Digital Ruang Berekspresi

“Jakpreneur Fest 2021 merupakan salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk membesarkan potensi-potensi UMKM khususnya para binaan yang mengawali kegiatan usahanya melalui program PKT yang telah terlaksana sejak tahun 2017 melalui promosi dan pemasaran. Jakpreneur Fest telah menjadi agenda rutin Pemprov DKI Jakarta dimana telah diawali pada tahun 2019 lalu melalui kegiatan UKM Expo,” tandasnya.