Istimewa di Momen Hari Jadi Kota Sukabumi, Bahasa Sunda Digunakan di Rapat Paripurna DPRD

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Momen hari jadi Kota Sukabumi pada 1 April 2024 lalu menyisakan sejumlah cerita menarik. Salah satunya bahasa yang digunakan dalam momen rapat paripurna DPRD Kota Sukabumi yang mengagendakan peringatan Hari Jadi Kota Sukabumi ke-110, Senin (1/4/2024).

Di mana, dalam rapat paripurna menggunakan bahasa sunda. Mulai dari pimpinan rapat Ketua DPRD Kamal Suherman, sambutan Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudi dan Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

” Saya sudah menghadiri beberapa perayaan hari jadi kota dan kabupaten di Jawa Barat, namun baru di hari jadi ke-110 Kota Sukabumi, saya harus menyampaikan sambutan dalam bahasa Sunda,” ujar Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin. Ia sangat mengapresiasi penggunaan bahasa Sunda ini, karena inilah salah satu cara bagaimana menjaga kelestarian kebudayaan Sunda.

Baca Juga:  Gubernur Anies Pastikan Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Ditanggung Transjakarta

” Tapi saleresna, abdi teu tiasa nyarios ngangge basa Sunda nu sae, untung na tadi kenging maos sambutan,” kata Bey dalam media sosial Instagramnya. Ia pun melanjutkan Sok saha di dieu nu tiasa ngadugikeun sambutan ngangge basa Sunda, tapi teu kenging maos teks.

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, alhamdulillah peringatan hari jadi Kota Sukubumi berlangsung lancar. ” Termasuk apresiasi dari Pj Gubernur Jabar terkait penggunaan bahasa Sunda dalam rapat paripurna DPRD,” jelasnya.