Hilangkan Jamur di Jok Mobil, Gunakan 3 Bahan di Dapur Ini. Pasti Manjur!

KABARINDAH.COM – Jok mobil juga bisa ditumbuhi oleh jamur. Penyebabnya bermacam-macam, tapi alasan yang pasti adalah tingkat kelembaban yang berlebih di dalam mobil. Untuk menghindarinya perlu mengetahui cara menghilangkan jamur di jok mobil.

Jamur di mobil tumbuh karena berbagai faktor, yaitu tempat yang lembab, kehangatan ruangan, bahkan kehadiran bahan organik yang bisa mereka makan. Bahkan tingkat kelembaban yang terkecil sekalipun bisa menumbuhkan jamur, terutama bila mobil Anda tidak digunakan untuk beberapa waktu.

Kehadiran jamur di interior mobil juga membawa efek yang berbahaya pada saluran pernafasan penumpang. Selain itu, jok mobil juga bisa rusak apabila jamur dibiarkan bertumbuh dan tidak dihilangkan dengan segera. Bau tidak sedap yang dihasilkan oleh jamur dan jok mobil yang tidak enak dipandang juga membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Baca Juga:  Motor Honda ST125 Dax, Unik! Perpaduan Retro Modern

Tak perlu repot-repot ke tempat cuci mobil, ternyata menghilangkan jamur bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun sederhana, bahkan bisa ditemukan di dapur rumah sendiri.

Inilah beberapa cara menghilangkan jamur di jok mobil menggunakan bahan dapur.

1. Cuka Putih

Kandungan cuka putih yang bersifat asam bisa membunuh jamur dan mencegahnya untuk tumbuh. Tak jarang bahan ini sering menjadi alternatif untuk membersihkan perabotan rumah yang menjamur.

Campurkan cuka putih ke dalam air dengan perbandingan 8:2. Untuk membersihkannya, ada dua cara, yaitu menyemprot atau menggunakan kain bersih untuk mengelap jok mobil. Apabila jamurnya banyak, lebih baik menyemprotkan seluruh bagian jok mobil, termasuk bagian bawahnya. Tunggu 15 menit hingga kering, dan biarkan cuka putih membunuh jamur di jok mobil.

Baca Juga:  Langkah Mudah dan Aman Modifikasi Jok Sepeda Motor

2. Air Garam

Kadang kita ingin menyerahkan urusan membersihkan cover jok mobil ke laundry. Sayangnya, tidak semua jasa laundry memiliki mesin cuci yang cukup untuk membersihkannya. Air garam bisa menjadi jawaban untuk membersihkan jok mobil ini. Garam yang digunakan haruslah yang tidak mengandung yodium.

Campurkan garam ke dalam seember air, kemudian sikatlah jok mobil dengan campuran tersebut. Atau bisa menyemprotkan campuran air garam ke jok mobil yang berjamur. Kemudian, biarkan hingga mengering sehingga kerak garam terbentuk. Gunakan sikat yang lembut untuk menyingkirkan kerak garam dan jamur yang ada di dalamnya.

3. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah antiseptik yang bisa digunakan untuk membunuh jamur dan mencegahnya untuk tumbuh lagi. Harganya juga murah dan tersedia di berbagai apotik. Selain itu, minyak cengkeh bisa digunakan baik di permukaan yang kasar maupun yang halus.

Baca Juga:  Tips Membawa Barang Bawaan di Sepeda Motor Agar Aman

Hati-hati, minyak cengkeh bisa membuat kulit iritasi, jadi cukup gunakan seperempat sendoknya, kemudian campurkan ke dalam satu liter air. Semprotkan ke bagian jok mobil yang berjamur dan sekitarnya, sehingga jamur yang tidak terlihat pun terbunuh. Biarkan hingga mengering selama 20 menit atau bahkan semalaman agar minyak cengkeh membunuh jamur dengan lebih maksimal.

Seluruh tips di atas jika tidak dilakukan dengan benar dapat membuat tampilan jok malah kurang bersih. Penggunaan bahan juga harus tepat dan tidak berlebihan. Oleh karena itu, Anda harus melakukannya secara hati-hati.

Ketiga cara menghilangkan jamur di jok mobil sangat mudah bukan?