Kabar  

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Peningkatan Curah Hujan

KABARINDAH.COM — Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyatakan, masyarakat harus waspada terhadap peningkatan curah hujan terjadi pada Sabtu (20/2).

“Hari ini, prediksi kami justru akan terjadi peningkatan curah hujan (di Jabodetabek),” kata Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG dalam konferensi pers daring, Sabtu (20/2).

Menurut Dwikorita, peningkatan intensitas hujan di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hari ini akan terjadi dari skala ringan-sedang dan dapat berkembang menjadi lebat.

Sementara itu, pada Minggu (21/2) BMKG memprediksi intensitas curah hujan akan kembali menjadi rendah. Sedangkan, pada Senin (22/2), meski sebagian besar wilayah Jabodetabek diprediksi mengalami hujan intensitas cenderung rendah, di bagian selatan Jabodetabek justru akan mendapati curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Baca Juga:  Interpol Sita Ratusan Vaksin Covid-19 Palsu, 3 Warga Cina Dibekuk

Wilayah Jabodetabek diperkirakan akan mengalami peningkatan curah hujan pada 23-24 Februari 2021 mendatang. “Jadi kita hari ini masih harus waspada, waspada berikutnya tanggal 23-24 (Februari 2021),” ujar Dwikorita.

Peringatan serupa juga berlaku untuk sejumlah daerah lainnya seperti di Banten, Bali, Aceh, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan lainnya.

Sejak Jumat (19/2), sejumlah wilayah di Jabodetabek telah diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang yang mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah titik. Di DKI Jakarta, sejumlah kawasan dilaporkan banjir sekitar 1 meter hingga 1,5 meter.