BMKG Minta Masyarakat Waspadai Peningkatan Curah Hujan

  • Bagikan

KABARINDAH.COM — Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyatakan, masyarakat harus waspada terhadap peningkatan curah hujan terjadi pada Sabtu (20/2).

“Hari ini, prediksi kami justru akan terjadi peningkatan curah hujan (di Jabodetabek),” kata Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG dalam konferensi pers daring, Sabtu (20/2).

Menurut Dwikorita, peningkatan intensitas hujan di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hari ini akan terjadi dari skala ringan-sedang dan dapat berkembang menjadi lebat.

Sementara itu, pada Minggu (21/2) BMKG memprediksi intensitas curah hujan akan kembali menjadi rendah. Sedangkan, pada Senin (22/2), meski sebagian besar wilayah Jabodetabek diprediksi mengalami hujan intensitas cenderung rendah, di bagian selatan Jabodetabek justru akan mendapati curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Wilayah Jabodetabek diperkirakan akan mengalami peningkatan curah hujan pada 23-24 Februari 2021 mendatang. “Jadi kita hari ini masih harus waspada, waspada berikutnya tanggal 23-24 (Februari 2021),” ujar Dwikorita.

Peringatan serupa juga berlaku untuk sejumlah daerah lainnya seperti di Banten, Bali, Aceh, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan lainnya.

Sejak Jumat (19/2), sejumlah wilayah di Jabodetabek telah diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang yang mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah titik. Di DKI Jakarta, sejumlah kawasan dilaporkan banjir sekitar 1 meter hingga 1,5 meter.

 

 

 

  • Bagikan