Bingung dengan Pengertian Wisata Halal? Begini Penjelasannya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Kematian seekor anjing bernama Canon di Aceh tengah ramai diperbincangkan. Pasalnya, Canon mati usai ditangkap oleh Satpol PP dengan dalih wisata halal. Lantas, apa itu wisata halal?

Diketahui, Aceh masuk dalam daftar destinasi wisata halal di Indonesia. Meski demikian, bukan berarti tindakan menangkap Canon sampai mati oleh Satpol PP dibenarkan. Kasus ini menimbulkan pertanyaan tentang pengertian apa itu wisata halal sebenarnya.

Bukankah harusnya wisata halal itu membawa keberkahan? Lantas, sebenarnya apa itu wisata halal? Bagaimana konsepnya? Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini ulasannya.

Apa Itu Wisata Halal?

Melansir dari CNA, pengertian wisata halal yaitu istilah untuk wisatawan muslim yang ingin mendapatkan kenyamanan saat berlibur. CNA juga mendefinisikan bahwa wisata halal adalah lokasi wisata yang menyediakan fasilitas yang serba halal.

Baca Juga:  LPPOM MUI: Kebebasan Memilih Produk Halal Bentuk Kemerdekaan di Indonesia

Adapun fasilitas halal tersebut sepertj restoran dengan sajian menu halal atau bebas alkohol, menyediakan ruang privasi antara perempuan dan laki-laki, serta menyediakan tempat ibadah.

Sedangkan melansir dari situs resmi Kemenparekraf, maksud dari Wisata Halal yaitu merujuk pada layanan tambahan amenitas, atraksi, dan aksesibilitas yang ditujukan dan diberikan untuk memenuhi pengalaman, kebutuhan, dan keinginan wisatawan muslim.

Untuk dapat mewujudkan wisata halal setidaknya terdapat sejumlah hal yang perlu tersedia seperti: makanan halal, tempat beribadah hingga fasilitas ramah muslim lainnya.

Diketahui, Indonesia mempunyai destinasi wisata halal di berbagai pulau. Nah, salah satu pulau di Indonesia yang potensial untuk pengembangan wisata halal yaitu pulau Lombok.

Baca Juga:  Menhub RI: Kemajuan Sektor Pariwisata Nasional Harus Ditopang Kehadiran Bandara Perairan

Melansir dari situs Kemenparekraf, tahun 2015 lalu, Lombok mendapat penghargaan ‘The World Best Halal Tourism Destination’ dalam acara World Halal Travel Awards yang digelar di Abu Dhabi.

Selain Lombok, terdapat 4 wisata halal lainnya yang juga potensial untuk dikembangkan. Adapun 4 lokasi wisata halal tersebut yaitu: Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Jakarta.

Nah, demikianlah informasi mengenai apa itu wisata halal dan daftar tempatnya yang menarik untuk kamu ketahui.

  • Bagikan