Bill Gates Bicara tentang Perubahan Iklim Ancamannya Lebih Ngeri dari Pandemi Covid-19

KABARINDAH.COM, JAKARTA – Dunia saat ini menghadapi pandemi Covid-19, bahkan sejumlah negara harus mengalami lonjakan kasus dengan penularan Varian Delta. Namun Bill Gates mengungkapkan ada ancaman yang lebih buruk dari pandemi, yaitu perubahan iklim (climate change).

Menurut Bill Gates mengakhiri pandemi Covid-19 akan sangat-sangat mudah ketimbang mengatasi perubahan iklim. Masalah yang ditimbulkan perubahan iklim akan lebih buruk ketimbang Covid-19.

“Memecahkan masalah perubahan iklim akan menjadi hal paling menakjubkan yang pernah dilakukan umat manusia,” ujar pendiri Microsoft ini, Rabu (18/8/2021).

Dalam blog pribadinya, Bill Gates memaparkan kerusakan yang dimunculkan oleh perubahan iklim. Dari sisi kematian, pada 2020 diprediksi akan ada 14 kematian per 100.000 orang karena Covid-19.

Baca Juga:  3 Manfaat Luar Biasa Ceker Ayam untuk Kesehatan. Nomor 3 Bagus untuk Tulang!

Dalam 40 tahun mendatang tingkat kematian dari perubahan iklim akan sama dengan Covid-19. Pada akhir abad ini jika pertumbuhan emisi tetap tinggi, perubahan iklim dapat menyebabkan 73 kematian tambahan per 100.000 orang. Dalam skenario emisi yang lebih rendah, tingkat kematian turun menjadi 10 kasus per 100.000 orang.

“Dengan kata lain, pada 2060, perubahan iklim bisa sama mematikannya dengan Covid-19, dan pada 2100 bisa lima kali lebih mematikan dari Covid-19,” terang Bill Gates dalam blognya.

Gambaran ekonomi juga mencolok. Rentang kemungkinan dampak dari perubahan iklim dan dari COVID-19 cukup bervariasi, tergantung pada model ekonomi yang Anda gunakan. Tetapi kesimpulannya tidak salah lagi: Dalam satu atau dua dekade ke depan, kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh perubahan iklim kemungkinan akan sama buruknya dengan pandemi sebesar COVID setiap sepuluh tahun. Dan pada akhir abad ini, akan jauh lebih buruk jika dunia tetap berada di jalur emisi saat ini.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Alih-Fungsi Hotel dan Kontrakan untuk Pasien Covid di Jabar

Dari sisi kerusakan ekonomi, dampak perubahan iklim cukup bervariasi tergantung model ekonomi yang digunakan. Tetapi kesimpulannya satu dalam satu atau dua dekade ke depan kerusakan ekonomi yang disebabkan perubahan iklim akan sama dengan pandemi Covid-19. Namun pada akhir abad ini, jika emisi tidak dikendalikan, bisa lebih buruk dari itu.

Menurutnya cara untuk menghindari iklim yang makin memburuk dengan mempercepat upaya kita sekarang, bahkan saat dunia juga bekerja untuk mengatasi virus corona. Filantropis itu menyebutkan cara menghindarinya dengan membangun dan menerapkan inovasi yang memungkinkan menghilangkan emisi gas rumah kaca.