Halal  

Berbagi Nasi, Membantu Sesama dan Membersihkan Hati

Oleh Miranti Aisyiah Putri
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kalimalang, Jakarta.

 

Bersedekah di hari Jumat? Hal yang baik bukan?

Apalagi dilaksanakannya di hari Jumat hari yang sangat mulia, yang sudah dijanjikan Allah dilipatgandakan pahalanya.

Bagaimana sih bersedekah di hari Jumat?

Kalian hanya perlu menyisihkan sedikit harta untuk saudara yang lebih membutuhkan. Atau melebihkan amal kalian saat shalat Jumat di masjid. Bersedekah itu tidak selalu dengan uang dan barang ya teman-teman, karena kita bisa bersedekah dengan berbagi nasi atau dengan makanan lainnya.

Berbagi nasi ini bukan hanya nasi biasa yang dibagikan, melainkan satu box nasi yang sudah berisikan lauk pauk dan juga air mineral.

Kenapa dengan berbagi nasi sih?

Berbagi nasi itu bermanfaat banget loh untuk saudara–saudara kita di luar sana. Kita tidak mengetahui lapar yang diderita pedagang kaki lima, tukang ojek, tukang becak, tukang parkir, ojek payung dan lainnya.

Baca Juga:  Garap Pasar Halal di Indonesia, Kemendag Luncurkan Platform Inaproduct.com

Membahas berbagi nasi untuk bersedekah di hari Jumat, kenalan yuk sama founder instagram @bagi.nasi yang rutin membagikan nasi kepada saudara saudara yang membutuhkan di setiap hari Jumat.

Penasaran banget nggak sih sama sosok manusia yang sangat berhati mulia ini?

Tisa Anindya Savitri, founder instagram @bagi.nasi tinggal di Kota Salatiga. Program Bagi Nasi ini sudah berjalan sejak Juni 2019. Tisa menggerakkan kegiatan ini berawal dari kegelisahan. Kak Tisa adalah pemilik usaha catering. Saat usaha catering kak Tisa masih harian dan belum mempunyai kurir, ia mengatar sendiri pesanan catering nya kepada pelanggan.

Setiap melewati jalan Kak Tisa menemui tukang becak, kusir delman, tukang ojek, pedagang gerobak, loper koran, dan lain lain, yang sedang menunggu pelanggannya. Sehingga ia merasa iba terhadap mereka yang mungkin sedang merasa kesulitan, dan memikirkan bagaimana cara membantu mereka meskipun dengan hal kecil.

Baca Juga:  Inilah 5 Kue Lebaran yang Khas dan Tradisional dari Berbagai Daerah

Karena saat itu Kak Tisa belum mampu untuk berbagi dengan berupa uang, akhirnya ia memutuskan untuk mencoba membagi makanan yang selalu ia buat setiap hari untuk usaha cateringnya.

Kak Tisa adalah sosok yang sangat teliti sebelum melakukan sesuatu. Untuk berbagi nasi saja, Kak Tisa melakukan observasi seperti mencari tatu lebih tentang bagaimana mereka sebenernya. Dan bertanya–tanya bagaimana tentang gerakan ini kepada mereka, agar tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan juga.

Kegiatan ini diteruskan oleh kak Tisa karena memiliki feedback yang selalu positif di kehidupannya. Dan bisa mengajak saudara-saudara yang lain untuk ikut berbagi.

“Alhamdulillah ya mungkin juga karena orang mulai ‘melek’ sama agenda yang aku lakuin, itu yang nambah bukan cuma orang yang titip uang untuk sedekah makanan tapi juga pelanggan catering aku bertambah. karena mereka penasaran, ‘ini yg ngadaain siapa sih?’ ‘oh, Mbak Tisa yang punya Depot Umi itu’. Terus mulai penasaran, ‘apa sih produk nya?’ ‘oh catering harian’. Mulai pada mau coba produk aku, dan Alhamdulillah rasanya cocok dan jadi banyak yg langganan,” ungkap Tisa.

Baca Juga:  Segar!! Inilah Cara Membuat Es Cappucino Cincau Oreo

Mau berpartisipasi kegiatan bagi nasi? Wahh bisa banget, hanya dengan uang Rp 10.000,- kalian sudah membagikan satu box nasi untuk saudara kalian yang membutuhkan. Untuk konfirmasi bisa lihat contact person di bawah ya.

Dan yang berdomisili Jakarta Timur, yang mau berpartisipasi bisa langsung hubungin Miranti Aisyiah Putri

Tidak perlu kaya untuk bersedekah, maka dengan bersedekah akan membuat dirimu kaya.

contact person:
0896-2919-1849 (Tisa Anindya Savitri)
0857-2871-9239 (Miranti Aisyiah Putri)