Kabar  

Agar Jemari Bicara, Mahasiswa Berkarya: Kuy Ikuti Talkshow Kelas Menulis

KABARINDAH.COM-Acara Talkshow dengan tema “Jemari Bicara, Mahasiswa Berkarya” digelar oleh Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan keberadaan dan agenda-agenda Kelas Menulis.

Tampil sebagai narasumber yaitu Hidayatul Fikra (Manajer Jurnal Riset Agama, JRA), Susanti Vera (Manajer Jurnal Spirituality and Local Wisdom, SLW), dan Fitriani (Manajer Journal of Takhrij al-Hadith, JTH). Acara dipandu oleh moderator, Galbani Fadhilah, Mahasiswa Jurusan Studi Agama-Agama.

Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis, 24 November 2022. Acara dimulai pukul 08.00 WIB. sampai pukul 12.00 WIB. Acara berlangsung di Aula Lantai 4 Fakultas Ushuluddin. Peserta undangan sebanyak 100 Orang yang merupakan utusan semua jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Jurusan Studi Agama-Agama (SAA), Jurusan Akidah dan Filsafat Islam (AFI), Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi (TP), dan Jurusan Ilmu Hadis (ILHA).

Beberapa pengisi acara adalah Rulia Rahmawati sebagai Master of Ceremony (MC), Yunika Sari sebagai Dirigen lagu Indonesia Raya, Ihya Muhammad Hirzin sebagai Pembaca Ayat Suci Al-Qur’an, dan Win Prayoga Pembaca Doa. Acara ini juga menampilkan hiburan oleh talent Nurrahman dan Zeny Alamsyah.

Baca Juga:  PPKM, Suasana Berbeda Terasa Di Balai Kota Sukabumi

Peserta tampak antusias mengajukan beberapa pertanyaan seputar motivasi, tips and trick penulisan artikel, cara bergabung di Kelas Menulis, dan lain-lain. Para narasumber memberikan jawaban berdasarkan pengalaman selama bergabung di Kelas Menulis. Narasumber memberikan fokus pada model pelatihan kepenulisan, konferensi ilmiah, dan publikasi ilmiah.

Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) UIN Raden Fatah Palembang berkesempatan memberikan motivasi kepada para mahasiswa. “Jujur mahasiswa mempunyai potensi luar biasa dalam tulis menulis artikel. Mahasiswa kami pun sangat bersemangat lolos dalam beberapa konferensi,” tuturnya yang sekaligus sebagai penanggungjawab Academic Writing Class (ATLAS) FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang.

Dr Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. “Saya senang kegiatan berjalan lancer dan terimakasih yang tak terhingga untuk semua,” ungkapnya yang sekaligus founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin.

Baca Juga:  7 Kiat Sukses Penerbitan Artikel Mahasiswa

Dekan menuturkan, Kelas Menulis berdiri tanggal 29 Mei 2020. Perdiriannya berangkat dari sebuah masalah bahwa mahasiswa sudah ingin menjadi pemenang. Pokok-pokok maslahnya mereka kadang magerhalu, dan gabut. Padahal, kaidahnya tegas “kalau latihan pasti terlatih.” Lingkungan strategis juga mendukung di tingkat global begitu menjamur Writing Center, di tingkat Nasional terdapat kebijakan untuk publikasi, dan di tingkat lokal universitas terdapat banyak prestasi publikasi ilmiah.

Karena itu, dilakukan upaya-upaya seperti treatment dengan harapan meningkat skills penulisan akademik. Hasilnya hingga Tahun 2022 terbit 671 artikel mahasiswa dan terkelola 5 (lima) jurnal ilmiah yaitu Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin (JPIU), JRA, SLW, JTH, dan Gunung Djati Conference Series (GDCS), dan terselenggara beberapa konferensi. Juga 180 sarjana lulus dengan sidang tugas akhir artikel ilmiah.

Baca Juga:  Penulis Super Sabar dan Jalani Korespondensi

Semua output di atas itu telah mengasilkan outcome. Seperti lulusan diterima menjadi guru, mahasiswa menjuarai lomba-lomba karya ilmiah, studi lanjut S2 di dalam dan di luar negeri, beasiswa LPDP, mendapat undangan sebagai fasilitator penulisan artikel ilmiah, dan pendirian Kelas Menulis independen yang dikelola oleh alumni.

“Selamat menjadi generasi hebat, generasi mumpuni, dan generasi pemenang. Silakan berlatih melalui circlewriting club, dan komunitas literasi. Acara ini sukses luar biasa,” pungkas Dekan.

Acara Talkshow berjalan sukses oleh committee yang menamakan diri volunteer, yaitu Galbani Fadhilah, Muhammad Daffa, Siti Rahmah, Lutfiana, Yunika Sari, Rulia Rahmawati, Zahrotun Nisa, Devi Rizki Apriliani, dan Shifwah Salsabila. Agenda Talkshow didukung oleh Dekanat dan Tenaga Kependidikan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.