7 Pekerjaan Ini Akan Hilang Pada 2030 Digantikan Teknologi Mesin

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Zaman sudah berubah sangat cepat. Hampir semua pekerjaan sudah diambil alih oleh mesin sehingga banyak pekerjaan yang awalnya dioperasikan manusia harus hilang secara perlahan.

Dengan teknologi yang bergerak semakin maju, banyak pekerjaan akhirnya akan jadi otomatis dan usang. Jumlahnya diperkirakan akan meningkat lebih banyak. Artinya, akan ada banyak pekerjaan yang hilang karena tergantikan mesin dan kecanggihan teknologi pada 2030, berikut di antaranya.

1. Juru masak restoran cepat saji

Juru masak menjadi salah satu pekerjaan yang akan hilang. Dengan perkembangan teknologi, hal masak-memasak bisa dilakukan dengan mesin. Mesin tersebut bisa mempercepat proses memasak dan kualitas yang dihasilkan konsisten.

Menggunakan mesin juga menekan biaya operasional sehingga menguntungkan bagi pemilik restoran. Kebersihan makanan juga lebih terjaga jika menggunakan mesin. Tidak akan ada banyak tangan yang menyentuh makanan, sehingga meminimalisir kuman yang masuk pada makanan.

2. Travel agent

Masyarakat sekarang semakin mudah merencanakan liburan impian tanpa harus menyewa jasa travel agent. Banyak start-up hotel dan tiket memudahkan masyarakat yang ingin berlibur. Dengan bermodal gawai, masyarakat bisa membeli tiket transportasi hingga tiket wisata.

Baca Juga:  Inilah Pengertian Entrepreneur Menurut Pendapat 6 Ahli Terkemuka

Mudahnya membeli berbagai tiket dan sewa hotel tentu mengancam travel agent konvensional. Jika mereka tidak berinovasi, lambat laun travel agent akan tergusur oleh aplikasi travel.

Namun, pekerjaan di bidang pariwisata masih akan terbuka lebar. Pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan ini terbuka di start-tup penyedia tiket wisata atau hotel.

3. Teller bank

Teller bank juga masuk di salah satu pekerjaan yang akan hilang. Kemajuan teknologi mempermudah transaksi keuangan tanpa harus berkunjung ke bank. Sebagian besar sudah memberikan layanan online untuk transaksi perbankan mereka.

Nasabah tidak perlu lagi datang dan mengantre untuk melakukan layanan keuangan. Untuk melakukan setor tunai sekarang sudah ada ATM setor tunai. Bahkan untuk membuka rekening baru, beberapa bank menyediakan layanan secara daring. Layanan transfer juga bisa dilakukan dengan mobile banking atau melalui ATM.

Baca Juga:  Untuk Pelaku UMKM, Ingin Dapat Modal Rp 100 Juta, Cek Syarat & Caranya!

4. Petani

Di masa mendatang, pekerjaan ini akan digantikan oleh teknologi. Mesin atau robot memiliki fungsi untuk menanam hingga menuai hasil panen. Tuntutan konsumen yang semakin banyak tentu membuat produsen harus bergerak cepat.

Dengan hanya mengandalkan tenaga manusia, hasil produksi tidak bisa maksimal. Untuk mengakalinya, petani dituntut untuk berinovasi. Salah satunya dengan menggunakan teknologi untuk mempercepat proses tanam hingga memanen.

5. Pekerja pabrik tekstil

Pekerjaan yang akan hilang selanjutnya adalah pekerja pabrik tekstil. Perusahaan tekstil dikenal menyerap banyak pekerja. Banyak operator jahit hingga sablon yang dipekerjakan di perusahaan ini. Namun, dengan kemajuan teknologi, tenaga manusia bisa digantikan mesin.

Sudah banyak mesin sablon dan jahit yang otomatis mengerjakan pembuatan baju. Mesin-mesin tersebut bisa mempercepat proses pembuatan baju. Kualitas yang dihasilkan juga cenderung lebih konsisten dibandingkan dengan buatan manusia. Kuantitas produk garmen yang dihasilkan juga lebih banyak dibanding manusia.

Baca Juga:  OJK: untuk Selamatkan UMKM di Indonesia Perlu Perluasan Ekosistem Digital

6. Pengantar surat

Masyarakat sekarang sudah jarang berkirim pesan melalui surat. Adanya layanan e-mail dan chatting, memudahkan manusia untuk berkirim kabar.

Mengirim pesan dengan e-mail juga lebih cepat dan murah. Pekerjaan sebagai pengantar surat tentu sangat terancam. Meskipun ada beberapa instansi yang masih menggunakan surat, frekuensinya tidak sesering dulu.

7. Telemarketing

Sebagian orang mungkin bersyukur pekerjaan ini akan hilang. Sering kali para telemarketer menghubungi calon pembeli berulang kali dan tidak mengenal waktu. Banyak dari calon pembeli yang terganggu dengan tindakan tersebut.

Pekerjaan sebagai telemarketing ke depan akan digantikan oleh teknologi. Hal-hal yang berhubungan dengan marketing sekarang sudah beralih ke e-mail marketing.

Selian tidak mengganggu, e-mail marketing juga jauh lebih efisien dibandingkan dengan telemarketing. Iklan dan penjualan jarak jauh juga membuat pekerjaan ini makin terancam hilang di masa depan.

  • Bagikan