Wujudkan Kampus Sehat Covid-19, UM Bandung Miliki Unit Pelayanan Kesehatan

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Dalam menciptakan kampus tangguh dan sehat covid-19, Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) meresmikan Unit Pelayanan Kesehatan di Auditorium KH. Ahmad Dahlan UM Bandung pada Kamis (06/01/2022) siang.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman disaksikan beberapa pengurus Muhammadiyah lainnya dan unsur pimpinan UM Bandung.

Usai acara, Agus Tafiqurrahman mengatakan dirinya bersyukur karena UM Bandung merintis unit pelayanan kesehatan dalam rangka mewujudkan kampus tangguh Covid-19.

”Kami berharap dari berdirinya unit pelayanan kesehatan UM Bandung ini betul-betul bisa mendukung segala kegiatan dan upaya agar kampus UM Bandung betul-betul menjadi kampus yang tangguh covid,” ucap Agus.

Dengan diresmikannya unit pelayanan kesehatan tersebut, menurut Agus, itu akan menjadi percontohan untuk kampus-kampus lain untuk setidaknya mengikuti hal yang sama dengan UM Bandung.

Baca Juga:  Inilah Analisis Akademisi UM Bandung Mengenai Maraknya Kasus Penistaan Agama

”Namun, secara lebih jauh lagi kita berharap dengan adanya rintisan unit pelayanan kesehatan ini bisa mendorong untuk munculnya prodi-prodi di bidang kesehatan. Setelah punya farmasi sebagaimana harapan kita semua, harapan Pak Sekda (Jabar) juga agar nanti UM Bandung memiliki fakultas kedokteran, prodi kedokteran, jurusan yang mempelajari tentang ilmu kedokteran dan segala implikasinya,” tutur Agus.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan di masa pandemi seperti ini perlu adanya pengembangan dan perbaikan pelayanan kesehatan.

”Jadi, berdasarkan kajian-kajian dari konsultan internasional bahwa kita khususnya Jawa Barat itu harus sesegera mungkin untuk membangun (fasilitas dan perbaikan layanan kesehatan) itu, dan UM Bandung ini sudah berkontribusi untuk hal tersebut,” kata Setiawan.

Baca Juga:  Dewan Penuntun Hizbul Wathan K.H. Dzamhari dan Dewi Sartika UM Bandung Resmi Dilantik

Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dengan didirikannnya unit pelayanan kesehatan UM Bandung, setidaknya itu bisa menjadi sarana mengetahui bagaimana cara menata unit kesehatan yang baik.

”Kita melihat bagaimana membuat layouthing, design, kan gitu ya, untuk pelayanan terhadap masyarakat khususnya mungkin di area kampus ini supaya lebih baik dan menjadi role model barangkali untuk keluarnya begitu,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto menegaskan bahwa unit pelayanan kesehatan UM Bandung sebagai upaya mewujudkan kampus sehat di masa pandemi Covid-19. Di samping itu juga sebagai upaya untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

Baca Juga:  Uniknya Orang RI, Jualan Ayam, Seblak dan Lemari Pakai NFT di OpenSea

”Oleh karena itulah, maka hari ini (Kamis, 06/01/2022) merupakan rangkaian dari kegaiatan untuk bersama-sama menggugah berbagai pihak terutama juga PTMA di seluruh tanah air yang pada waktu itu hadir dalam webinar nasional, yakni mewujudan kampus sehat,” tandas Prof. Herry.

Acara peresmian dilaksanakan di Auditorium KH. Ahmad Dahlan UM Bandung dan dihadiri Ketua PP Muhammadiyah, Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Ketua MDMC sekaligus unsur pengarahan MCCC PP Muhammadiyah, Ketua PWM Jawa Barat, Rektor UM Bandung, dan beberapa tamu yang lainnya.

Acara berlangsung luring dan daring dengan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Dengan menerapkan prokes yang ketat, acara berlangsung dengan tertib dan khidmat.***(Firman Katon)

  • Bagikan