Bisnis  

Wow Keren, Produk UMKM Indonesia Berjaya di Hong Kong

KABARINDAH.COM — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik layanan penerbangan khusus kargo maskapai Garuda Indonesia Airlines (GIA) untuk rute Surabaya-Hong Kong. Khofifah optimistis, layanan penerbangan khusus kargo ini akan sangat membantu dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

Garuda Indonesia Airlines akan melayani penerbangan khusus kargo rute Surabaya – Hong Kong mulai 6 Maret 2021. Rute Surabaya-Hong Kong akan dilakukan sekali dalam sepekan yaitu tiap Sabtu. Komoditas utamanya adalah household atau barang-barang UMKM dan barang kulakan, yang umumnya pesanan TKI di Hong Kong. Kapasitasnya mencapai 80 persen.

“Selain itu ada juga live fish (ikan kerapu), fresh fish, gelembung ikan (perut ikan) untuk kosmetik serta barang-barang pabrikan seperti sepatu,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (5/3).

Baca Juga:  Bank Danamon Indonesia Membukukan Laba bersih Rp 1,7 Triliun Semester I 2022

Khofifah meyakini, adanya rute penerbangan baru khusus kargo tersebut akan memberikan peluang bagi pelaku UMKM Jawa Timur untuk melebarkan sayap usahanya hingga mancanegara. Hal itu bisa dimulai dari Hong Kong yang akan dimudahkan dengan adanya rute tersebut.

“UMKM kita harus bisa melihat peluang dari dibukanya rute baru khusus kargo ini. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, market untuk penerbangan kargo tentunya lebih kuat dibandingkan dengan penerbangan penumpang,” kata Khofifah.

Khofifah menambahkan, penerbangan kargo rute Surabaya-Hong Kong ini juga bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional. Sehingga sangat dimungkinkan untuk dapat membantu komoditas-komoditas unggulan nasional termasuk selain Jawa Timur bisa lebih berkembang di luar negeri.

Baca Juga:  Eka Tjipta Raja Minyak Goreng, Kekayaannya Melambung Gegara Bimoli

“Tentunya juga berkontribusi bagi komoditas unggulan nasional dari provinsi lain, terutama yang berada di Indonesia bagian timur,” ujarnya. (ROL)