Kabar  

Tingkatkan Kemampuan dan Produktivitas Tenaga Kerja Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau pelatihan kerja menjahit yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Senin (14/6). (Kinan)

KABARINDAH.COMDinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi menggelar program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, Senin (11/6).

Demi menciptakan tenaga kerja berbasiskan keterampilan yang mandiri di masa pandemic diakanlah pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja ini. Turut hadir pula Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Sukabumi Sufiani Dida Sembada dan Kepala Disnaker Kota Sukabumi Didin Sarifudin.

“Hampir 1,5 tahun pandemi berlangsung tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi ekonomi dan kenaikan pengangguran,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Sehingga perlu dilakukan pemulihan ekonomi, dengan cara menciptakan tenaga kerja berbasiskan keterampilan menjadi penting.

Pola perekrutan tenaga kerja yang telah di didik dan dilatih sangat penting misalnya keterampilan menjahit, tata boga, dan budidaya ikan. Kegiatan ini juga mampu memotivasi dan melatih skill para pemuda sehingga setelah pelatihan dapat membuka unit usaha sendiri berbasiskan keterampilan.

Baca Juga:  Serap Masukan Mahasiswa, Pemkot Sukabumi Komitmen Bantu Warga Terdampak PPKM Darurat

“Ada tiga keterampilan yakni menjahit, tata boga, dan budidaya ikan yang bisa dimaksimalkan,” tambah fahmi.

Fahmi berharap program ini dapat memacu ekonomi untuk bergerak dan melangkah secara bertahap meningkatkan produktivitas ekonomi.

Kepala Disnaker Kota Sukabumi Didin Sarifudin mengungkapkan, pelatihan ini digelar untuk membantu pencari kerja memperoleh pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah yang berusia produktif dan belum mempunyai pekerjaaan sebanyak 120 orang yakni tata boga 55 orang menjahit 35 orang, dan budidaya ikan 30 orang.