Halal  

Benarkah Angkak Dapat Mengobati DBD?

Angkak (Doc. SehatQ 2019)

KABARINDAH.COM—Beberapa hari terakhir ini banyak sekali bencana yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Selain itu pada musim penghujan selalu diidentikkan dengan kemunculan banyak penyakit salah satunya yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD).

Nah jika anda, keluarga, atau tetangga sedang mengalaminya, sangat penting untuk melakukan pengobatan yang benar sebelum semakin parah. Diantara banyak sekali obat herbal yang diklaim bermanfaat untuk mengobati DBD, yang sudah terkenal adalah Angkak.

Apa itu Angkak??

Di Indonesia sendiri angkak sudah dikenal untuk mengobati DBD. Angkak adalah beras putih yang telah mengalami proses fermentasi oleh jamur Monascus purpureus dan menjadi berwarna merah kecoklatan. Dikutip dari Mayo Clinic, angkak bahkan dijadikan makanan pokok di sejumlah wilayah Asia dan biasa digunakan sebagai obat tradisional di Cina.

Baca Juga:  Hati-hati!! Ini Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

Kandungan zat di dalam angkak sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Manfaat angkak yang terkenal sebagai obat tradisional tidak terlepas dari zat-zat penting yang terkandung di dalam angkak. Angkak mengandung serat, karbohidrat, dan protein dan lovastatin yang terkenal manfaatnya untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Bisa dibilang, lovastatin adalah zat di dalam angkak yang mirip dengan obat jantung.

Manfaat Angkak untuk Demam berdarah

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue. Sarana penularan demam berdarah sendiri berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus.

Sebenarnya angkak untuk mengobati demam berdarah itu kurang tepat. Angkak bukan ditujukan untuk menghilangkan virus demam berdarah, melainkan untuk atau merigankankan gejala demam berdarah dengan cara menaikkan trombosit pada penderita demam berdarah.

Baca Juga:  Bingung dengan Pengertian Wisata Halal? Begini Penjelasannya

Dikutip dari SehatQ, dipercaya bahwa ekstrak dari angkak mempunyai efek pada proses megakariopoiesis atau produksi trombosit di sumsum tulang dan memengaruhi proses infeksi agar tidak menghancurkan trombosit.

Manfaat lain angkak adalah mengobati sindrom metabolic, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, melindungi organ jantung, memiliki kandungan antikanker, menetralkan gula darah, dan membantu memperbaiki gejala demam berdarah.