Tim Dosen Sistem Informasi Fasilkom UMB Ajak Kader PKK Manfaatkan Iptek di Masa Pandemi

KABARINDAH.COM — Masyarakat dinilai perlu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) secara optimal di masa pandemi ini. Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu tahun ini membuat hampir seluruh aktivitas masyarakat dilakukan dari rumah, mulai dari bekerja, belajar, hingga kegiatan-kegiatan yang lainnya. Dukungan dan pemanfaatan Iptek dapat membuat masyarakat beraktivitas secara optimal dari rumah.

Guna mendorong masyarakat memanfaatkan Iptek selama Pandemi Covid-19, tim dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat. “Tujuan untuk memberikan sharing knowledge kepada masyarakat agar dapat mengoptimalisasikan IPTEK di masa Pandemi Covid-19,” ujar Ketua Tim Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Sistem Informasi Fasilkom UMB, Riri Fajriah MM, Senin (15/3).

Baca Juga:  Mengikat Ilmu Melalui Karya, Jiwa, dan Media

Sharing knowledge tersebut dihelat dalam bentuk Webinar yang diikuti para kader tim PKK Kelurahan Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Menurut Riri, kegiatan yang berlangsung pada 10 Februari itu bertujuan agar para kader penggerak PKK ini dapat meneruskan sosialisasi kepada kelompok-kelompok keluarga di tingkatan RT/RW untuk mengupayakan penggunaan Iptek selama masa pandemi Covid-19 dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Pemanfaatan Iptek juga sebagai salah satu upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 karena banyak aplikasi yang memberikan kemudahan dalam hal tracing,” ungkap Riri.

Ada sejumlah materi yang disampaikan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut. Menurut Riri, topik yang disampaikan antara lain, terkait dengan pemanfaatan Aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan preventive action penyebaran Virus Covid-19 serta pendaftaran Vaksinasi Covid-19, Aplikasi Google Docs untuk optimalisasi kinerja tim PKK melalui sistem online, aplikasi e-Posyandu untuk memudahkan tim PKK dalam pendataan tumbuh kembang Balita dan pencegahan stunting di wilayah RW masing-masing dan pemanfaatan teknologi dalam melakukan tracing penyebaran Virus Covid-19.

Baca Juga:  SMK Telkom Bandung & SMP Telkom Purwokerto Didampingi Tim Dosen Telkom University Praktik Digital Marketing Di Masa Pandemi

“Manfaat dari pelaksanaan kegiatan Webinar ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan beberapa aplikasi berbasis teknologi secara tepat khususnya dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 serta bagaimana aktivitas pekerjaan bisa tetap dilaksanakan dengan baik seperti situasi normal,” kata Riri. Kegiatan ini melibatkan sejumlah dosen Prodi SI Fasilkom UMB antara lain Riri Fajriah, Yuwan Jumaryadi, Andi Nugroho, dan Bagus Priambodo.

Menurut Riri, kegiatan Pengmas ini melibatkan keikutsertaanmahasiswa sebagai fasilitator Webinar dan juga peserta. Tujuannya, agar mereka juga dapat mengaplikasikan pemanfaatan Iptek yang optimal selama proses belajar daring.

“Harapannya kegiatan-kegiatan semacam ini akan terus dapat dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman, keterampilan, serta edukasi yang tepat di masyarakat perihal optimalisasi Iptek selama masa pandemik yang kita harapkan dapat segera berakhir ke situasi normal kembali. (*)