Bisnis  

Tertarik Bisnis NFT? Ini Panduan Lengkap Cara Beli dan Jualnya!

KABARINDAH.COM – Non Fungible Token (NFT) tengah ramai diperbincangkan warganet Indonesia setelah pria menjual selfie-nya di salah satu pasar NFT, OpenSea laku dengan harga puluhan juta rupiah.

Sementara di luar negeri, sudah banyak beberapa orang yang meraup puluhan juta dolar Amerika dari bisnis NFT.

NFT adalah aset digital baru yang kepemilikannya dicatat di blockchain, buku besar digital mirip dengan jaringan yang mendukung bitcoin dan mata uang digital (cryptocurrency) lain. Setiap NFT unik dan tidak dapat diduplikasi.

Jadi, Anda dapat menganggapnya sebagai barang digital unik yang tidak dimiliki orang lain dan tidak memiliki bentuk aslinya.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis ini, Anda harus paham terlebih dulu pasar NFT. Pasar NFT terbesar adalah OpenSea seperti galeri daring tempat Anda bisa menelusuri seni digital, kartu perdagangan, dan koleksi lain.

Baca Juga:  Di Bali Tokocrypto Luncurkan T-Hub Dorong Investasi Aset Kripto Tanah Air

OpenSea berfungsi seperti rumah lelang di mana Anda menawarkan tawaran pada barang dan berharap Anda adalah pemenangnya. Namun, dalam beberapa cantuman memungkinkan Anda “Beli sekarang” dengan harga yang ditentukan. Sebelum Anda melakukan transaksi di OpenSea, Anda harus membuat dompet digital untuk membeli NFT.

Cara membuat dompet digital

Anda perlu menambahkan uang ke dompet digital, tempat Anda dapat membelanjakan NFT. OpenSea menggunakan mata uang kripto jenis ether. Anda mungkin akan memulai dari yang kecil dengan pecahan eter.

OpenSea menyarankan untuk menggunakan plug-in untuk browser Chrome yang disebut MetaMask tetapi mendukung banyak dompet digital lainnya.

– Ketuk ikon profil di kanan atas situs web OpenSea.

Baca Juga:  Tips Zilingo: Inilah 5 Langkah Merintis Bisnis Hijab dengan Brand Mandiri

– Klik “Get MetaMask.”

Pilih “Install MetaMask” untuk Chrome atau browser yang didukung pilihan Anda. Ini menginstal plugin Chrome.

– Pilih “Get started.”

– Pilih “Creat wallet.”

– Pilih “No thanks” untuk berbagi umpan balik.

– Buat kata sandimu.

– Tuliskan frasa rahasia yang diberikannya kepada Anda. Ini sangat penting dan merupakan cadangan Anda untuk mengakses akun Anda. Jangan sampai hilang.

– Ketuk “Next” dan konfirmasikan frasa rahasia.

– Klik “Next” untuk menghubungkan akun OpenSea Anda dengan dompet digital MetaMask yang baru saja Anda buat.

– Klik “Connect” lagi. Sekarang Anda memiliki dompet digital yang terhubung ke OpenSea. Sekarang Anda perlu membeli beberapa eter yang dapat Anda belanjakan untuk NFT.