Template, 500 Artikel Mahasiswa, Terbit Sampai 2023

  • Bagikan

Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

KABARINDAH- Kami memiliki target, yakni 500 artikel mahasiswa terbit di jurnal ilmiah sampai 2023. Pencanangan ini telah dimulai sejak 2020.

Pada 2020 berhasil terbit 85 artikel mahasiswa. Tahun 2021 ini telah mencapai 27 artikel mahasiswa siap terbit. Di akhir 2021 ditargetkan sekitar 150 artikel mahasiswa bisa terbit.

Kekuatan Template

Target ini diprediksi akan berhasil. Keberhasilan ini diupayakan melalui kekuatan template penulisan artikel ilmiah.

Penulisan artikel mahasiswa mengacu pada template. Template ini disediakan sebagai sarana mahasiswa untuk belajar patuh terhadap template. Jika patuh terhadap template, maka akan terwujud artikel-artikel mahasiswa sesuai templet.

Sebaliknya, bila tidak sesuai template, kami kesulitan untuk merekomendasikan penerbitan artikel. Jika artikel tidak sesuai template, maka artikel tersebut sulit dievaluasi (direviu). Oleh karena itu, mahasiswa benar-benar diarahkan agar melakukan latihan penulisan artikel sesuai template.

Jika hasil latihan penulisan artikel sesuai template, maka kami siapkan penerbitan di jurnal ilmiah. Jurtru mengapa mahasiswa diarahkan agar melakukan latihan penulisan sesuai template, yakni karena kami telah menyediakan jurnal ilmiah untuk menampung bagi penerbitannya. Jika tidak sesuai template, pasti artikel ditolak dan tidak bisa diterbitkan.

Optimis Target 500 Terbitan

Seiring dengan waktu pada gilirannya nanti akan terhimpun terbitan artikel-artikel mahasiswa. Artikel-artikel ini terbit karena mengikuti template. Kumpulan terbitan ini sengaja diwujudkan untuk ditiru. Artikel telah yang terbit ini sengaja untuk ditiru karena pasti penulisannya telah sesuai dengan template.

Bagi adik-adik mahasiswa, terbukti penerbitan artikel di jurnal ilmiah bukan hal yang pelik. Syaratnya yaitu sesuai dengan template. Ternyata ketika mahasiswa berlatih menulis sesuai template, penulisan mereka berlangsung cepat, berhasil, dan sukses.

Itu sebabnya, kami optimis target 500 terbitan artikel mahasiswa sampai 2023 bisa tercapai, seiring dengan minat mahasiswa yang luar biasa.

Bandung, 21 Maret 2021

  • Bagikan