Kabar  

Tangani Sampah di Musim Penghujan, Dinas LH DKI Jakarta Siagakan 8.945 Personel

KABARINDAH.com – Sebanyak 8.945 personel disiagakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI, guna menangani sampah di musim penghujan. Selain itu DLH juga mengaktifkan posko siaga banjir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Asep Kuswanto mengatakan, selain personel pihaknya juga menyiagakan sejumlah sarana prasarana pendukung seperti 1.543 unit truk angkutan sampah, 118 unit alat berat, 47 unit road sweeper, 33 bus toilet, 35 toilet portable dan 50 set kubus apung atau perahu ponton.

“Pemetaan titik penanganan sampah juga sudah kita lakukan,” kata Asep Kuswanto, Selasa (19/10/2021).

Kasi Penyuluhan dan Humas Dinas LH DKI, Yogi Ikhwan menambahkan, sejumlah lokasi yang diidentifikasi terdapat timbulan sampah cukup banyak saat musim penghujan. Di antaranya di aliran Kali Ciliwung, yaitu diawali dari ruas Kali Ciliwung Jagakarsa menuju Kali Ciliwung jembatan TB Simatupang.

Baca Juga:  Curah Hujan Sukabumi Kota Tinggi, Akibatkan Tumbangnya Pohon Ketapang

Kemudian Kali Ciliwung Kalibata, Kali Ciliwung Kampung Pulo, Kali Ciliwung Manggarai, Kali Ciliwung BKB Petamburan, Kali Ciliwung Season City, dan terakhir Kali Ciliwung BKB Kalijodo menuju muara.

Selain dari aliran Kali Ciliwung, jelas Yogi, pihaknya juga sudah mengantisipasi titik tumpukan sampah di Kali Pesanggarahan, Kali Baru Barat dan Kali Baru Timur.

“Fokus penanganam sampah adalah di setiap pintu air, waduk atau embung. Kemudian di saluran penghubung dan di pemukiman warga,” pungkas Yogi.