Ibrah  

Sholat 5 Waktu itu Hukumnya Wajib, Ini 10 Dalil Perintah Sholat di dalam Alquran

10 dalil sholat lima waktu di dalam Alquran (sumber: pixabay.com).

KABARINDAH.COM – Sholat itu dibagi dua, sholat sunnah dan sholat wajib. Sholat sunnah banyak macamnya. Sedangkan sholat wajib cuma 5 waktu.

Sholat lima waktu terdiri atas sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya. Bila sholat 5 waktu itu wajib, apa dalil perintahnya di dalam Alquran?

Berikut 10 dalil perintah sholat di dalam Alquran:

1. Surat Al Baqarah ayat 43

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ

Artinya: Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk. (QS Al-Baqarah: 43)

2. Surat Al Baqarah ayat 45

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْ

Artinya: Dan memintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. (QS Al-Baqarah: 45)

3. Surat Al Baqarah ayat 110

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Baca Juga:  Ramadhan dan Sertifikat Takwa

Artinya: Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu perbuat (QS Al-Baqarah: 110)

4. Surat Annisa ayat 103

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS Annisa: 103)

5. Surat Al Isra ayat 78

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula sholat subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat. (QS Al Isra: 78).

6. Surat Ar Rum ayat 17-18

فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ – ١٧ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَعَشِيًّا وَّحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ – ١٨

Baca Juga:  Shalat Tuntutan Suara Hati

Artinya: Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pagi hari (waktu subuh), dan segala puji bagi-Nya baik di langit, bumi, malam hari, dan waktu dzuhur (tengah hari). (QS Ar Rum: 17-18)

7. Surat Hud ayat 114

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Artinya: Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu dapat menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (QS Hud: 114).

8. Surat Az Zariyat ayat 56

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. (QS Az Zariyat: 56)

Baca Juga:  Apakah Kurban Patungan Diperbolehkan? Ini Penjelasannya

9. Surat Al Hajj ayat 78

فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ ۖ فَنِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Artinya: maka, dirikanlah sholat, bayarlah zakat, dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. (QS Al Hajj: 78)

10. Surat Al Bayyinah ayat 5

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

Artinya: Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). (QS Al Bayyinah: 5)

Itulah 10 dalil perintah sholat di dalam Alquran. Jadi, bila ada seseorang yang mengatakan bahwa sholat 5 waktu tak ada perintahnya di dalam Alquran, maka tunjukkan saja 10 dalil ini.

Ok? Hayu sholat!