Kabar  

Seminar Nasional Meriahkan Milad ke-5 Humanistik Universitas Muhammadiyah Bandung

KABARINDAH.COM — Dalam rangka milad yang ke-5, Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (Humanistik) UM Bandung adakan seminar nasional pada Jumat (19/08/2022).

Berlokasi di Auditorium Kiai Haji Ahmad Dahlan UM Bandung, kegiatan tersebut mengangkat tema “Spirit Action Post Pandemi: Innovation, Agile, Collaboration In Public Administration Sector”.

Menurut Ketua Humanistik UM Bandung, Faturahman Hapid, terjadinya wabah covid-19 mengakibatkan penurunan keilmuan dan kekritisan pada mahasiswa.

”Dengan adanya kegiatan ini dapat membangun kembali semangat mahasiswa UM Bandung khususnya Admnistrasi Publik setelah pandemi,” ucap Fatur.

Melalui bagian dari agenda Huporia tersebut, mahasiswa dapat merangsang kembali pikiran dalam menciptakan inovasi terkait dengan keilmuan Administrasi Publik saat ini.

Baca Juga:  Dosen Farmasi UM Bandung Jelaskan Apa Itu Napza dan Dampak Penyalahgunaannya

”Secara tidak langsung kita harus menguasai seluruh keilmuan Administrasi Publik bahkan sampai paradigma yang berkembang itu wajib kita ikuti,” jelasnya.

Ia berharap, regenerasi ke depan dapat melanjutkan semangat para pendahulunya dan terus berinovasi sesuai dengan tagline Humanistik.

”Semoga regenerasi ke depan mampu memberikan dampak yang baik bagi UM Bandung terkhusus dalam menciptakan Islamic Technopreneurial University,” tutur mahasiswa semester tujuh itu.

Sementara itu, Ketua Prodi Administrasi Publik UM Bandung Endang Irawan SSos MAP sangat mendukung acara tersebut.

Ia mengatakan, kegiatan itu menjadi pendorong dalam membangkitkan Humanistik agar bisa memberikan dampak yang bagus terhadap himpunan mahasiswa sendiri.

”Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan informasi luas kepada masyarakat bahwa Administrasi Publik diketahui keberadaannya,” ungkap Endang Irawan.

Baca Juga:  Pecinta Preman Pensiun Berduka, Kang Pipit Tutup Usia

Ia berharap, Humanistik dapat semakin paham dan dapat memunculkan sense of belonging (rasa memiliki) terhadap Admnistrasi Publik.

”Sehingga baik buruknya akan kita genjot terus semakin membaik, ketika ada yang kurang, kita akan tingkatkan lebih baik lagi,” katanya.

Mengelola kebijakan pemerintah

Dengan narasumber dari pakar ataupun pemerintah, mahasiswa akan mengetahui sejauh mana kebijakan pemerintah saat ini.

”Kita itu sebagai Administrasi Publik benar-benar paham harus bagaimana dalam mengelola kebjiakan negara sehingga kita semakin bangkit ketika usai pandemi,” tandas Endang Irawan.

Nantinya Humanistik UM Bandung akan mengadakan lomba keterampilan baris berbaris (LKBB) pada 27 Agustus 2022. Acara tersebut akan menghadirkan 32 tim dari SMA ataupun SMK se-Jawa Barat.***(Firman Katon)

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi Harus Menguasai Skill Menulis