Resep Dorokdok, Kerupuk Kulit Khas Garut viral dan Cara Membuatnya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM, GARUT – Panganan khas kota Garut yang sedang viral ini berbahan dasar kulit Sapi dan disebut dengan dorokdok. Dorokdok sendiri merupakan jenis kuliner yang sangat cocok bagi Anda yang kurang suka dengan panganan yang manis.

Pengolahannya menggunakan berbagai rempah-rempah dan tidak menggunakan bahan pengawet. Kerupuk dorokdok diolah dengan waktu yang sangat lama, yang memakan waktu lima sampai tujuh hari. Kenapa lama? Sebab, dalam mengolah kulit mentahnya, harus melalui beberapa tahapan seperti direbus, dijemur kemudian digoreng.

Panganan ini cocok dijadikan kudapan teman makan bersama Mie Ayam atau Bakso, bisa juga sebagai lauk pauk tambahan nasi. Cita rasanya yang khas membuat kebanyakan orang membelinya sebagai buah tangan kalau berwisata ke daerah Garut, khususnya ke Sukaregang.

Jika Anda penasaran dengan cara membuatnya, Anda bisa mengikuti uraian resep di bawah ini. Caranya sangat mudah, Anda yang tidak bisa memasak seklaipun akan bisa membuat dorokdok sendiri di rumah dan menjadikan sajian istimewa buat keluraga anda.

Resep dorokdok khas garut

Bahan – bahan :

-1 kg kulit Sapi
-Air kapur sesuaikan
-¼ ons gula pasir
-¼ ons bawang Putih halus
-½ ons garam halus

Cara Membuat Kerupuk Dorokdok Kulit Sapi :

-Kulit Sapi dicuci hingga bersih lalu direndam air kapur selama 2 hari.
-Angkat kulit Sapi dari rendaman lalu tiriskan dan kerok bulu-bulunya hingga bersih.
-Kulit Sapi yang sudah bersih kemudian dibentangkan di bawah terik matahari, jemur hingga kering.
-Setelah itu kulit Sapi yang kering dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera.
-Potongan-potongan kulit Sapi kemudian dicampurkan dengan gula pasir, bawang putih halus dan garam halus.
-Masukkan potongan kulit Sapi yang sudah diberi bahan campuran ke dalam rebusan air lalu tambahkan bumbu kembali, aduk-aduk selama perebusan kulit agar meresap.
-Angkat rebusan kulit Sapi tersebut lalu tiriskan dan jemurkan kembali di bawah terik matahari hingga kering dan menjadi bahan kerupuk.
-Setelah bahan kerupuk sudah benar-benar kering saatnya digoreng hingga merekah dan mekar.
-Kerupuk dorokdok kulit sapi sudah saatnya disajikan.

  • Bagikan