Kabar  

Rektor UMB: Di Era Pandemi, Insan Pendidik Harus Kuasai Teknologi Informasi

KABARINDAH.COM — Penguasaan teknologi informasi menjadi kunci keberhasilan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta Prof Ngadino Surip mengajak para insan pendidik untuk meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan teknologi informasi.

“Insan pendidikan, guru dan dosen harus mampu menguasai teknologi informasi. Sebab, kita tak bisa terlepas dari teknologi,” ujar Prof Ngadino saat memberikan sambutan dalam Webinar Pelatihan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Sekolah di Wilayah Jakarta Barat, awal pekan ini.

Webinar yang diikuti sebanyak 250 guru SD, SMP dan SMA tersebut digelar Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat. Rektor berharap melalui pelatihan teknologi informasi yang dapat digunakan dalam PJJ tersebut mampu melahirkan peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia.

Baca Juga:  Analisis Psikolog UMBandung dalam Kasus Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan

“Pandemi telah mendorong para pendidik untuk menguasai teknologi informasi. Kalau mau terus ikut mengikuti perkembangan dunia, maka para insan pendidik harus menguasai teknologi informasi,” tegas Prof Ngadino dalam siaran pers yang diterima kabarindah.com, Jumat (5/2).

Menurut Rektor, saat ini para pendidik harus memiliki kemampuan literasi teknologi. Menguasai literasi teknologi, kata dia, memang bukan hal yang mudah. Sebab, literasi bukan sebatas penguasan dan pengoperasian aplikasi. “Namun, perlu satu budaya baru yang menjadi bagian dari kehidupan kita untuk mampu menggunakan teknologi,” kata dia.

Penggunaan teknologi informasi, lanjut Rektor, harus mampu menciptakan budaya baru. Tanpa penyiapan budaya, kata dia, penggunaan teknologi justru akan memunculkan persoalan yang lain. “Oleh sebab itu, menjadi suatu tantangan yang perlu kita hadapi dan kita jawab dalam pertemuan ilmiah ini,” ucap Rektor. Ia berharap kemampuan literasi teknologi para guru harus terus dipertajam. Dengan begitu, penggunaan aplikasi pembelajaran bisa digunakan secara optimal dan maksimal.

Baca Juga:  Pendidikan, Gadget, Dampak Positif dan Negatif

Webinar ini dibuka Kepala P2KPTK2 Jakarta Barat, Dra Badariah MPd. Dalam Webinar itu, para guru dilatih membuat soal dalam Google Form dengan Import dari Word, Excel, dan Power Point. Pelatihan ini sangat berguna bagi guru untuk memberikan tugas latihan/ulangan online. Selain itu, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengumpulkan pendapat maupun berbagai data siswa atau guru melalui laman website.

Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta Prof Ngadino Surip menyampaikan sambutan dalam Webinar Pelatihan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Sekolah di Wilayah Jakarta Barat. Acara ini digelar Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat.

Baca Juga:  Stafsus Menag: Humas PTKIN Diminta Aktif Publikasikan Hasil Penelitian ke Publik