Kabar  

Polri Peduli Covid, Puluhan Personel Polisi Kawal Vaksinasi Massal di Kota Sukabumi

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni saat lakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi massal di Rusunawa Jalan Lingkar Selatan Warudoyong Kota Sukabumi. Senin (21/6)

KABARINDAH.COMKota Sukabumi melaksanakan vaksinasi massal di beberapa lokasi berbeda di Kota Sukabumi pada Senin (21/6). Kegiatan ini melibatkan puluhan personel polisi untuk mengawal jalannya vaksinasi agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mencegah kerumunan.

Istimewanya selain mengawal jalannya vaksinasi, aparat kepolisian juga mengajak secara humanis kepada warga agar mau divaksin. Sehingga mereka dengan kesadaran sendiri datang ke lokasi vaksinasi, setelah diberikan penjelasan pentingnya vaksinasi oleh aparat kepolisian.

Ada dua titik vaksinasi massal yakni di Rusunawa, Jalan Lingkar Selatan Warudoyong dan di kawasan Hotel Fresh, Jalan Bhayangkara, Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Pengamanan ini juga melibatkan Jajaran Kodim 0607 Kota Sukabumi, Dishub dan Sat Pol PP Kota Sukabumi.

“Dalam kegiatan vaksinasi massal di Rusunawa misalnya kami menerjunkan sekitar 50 personel dari Polres Sukabumi Kota dan Polsek Jajaran kemudian dari Kodim 0607, Forkopimcam dan tenaga kesehatan juga ditugaskan melaksanakan kegiatan sebagai vaksinator,” ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni. Hal ini disampaikannya saat melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi massal di Rusunawa Jalan Lingkar Selatan Warudoyong Kota Sukabumi.

Sumarni menyebutkan, di Rusunawa sendiri sudah ada sekitar 407 masyarakat yang terdaftar sebagai peserta vaksin dan sejauh ini belum ada masalah yang signifikan pasca vaksinasi. “ Di wilayah Lingkar Selatan ini kita targetkan ada 2.000 peserta atau warga masyarakat yang melaksanakan vaksinasi covid-19,” kata Sumarni.

Baca Juga:  Gebyar Vaksinasi ke Pelajar, Pemkot Berupaya Percepatan Belajar Tatap Muka

Menurut Sumarni, penyelanggaraan vaksinasi di kawasan Hotel Fresh merupakan inisiasi aparat kepolisian dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara. Sehingga momen Hari Bhayangkara ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Intinya kata Sumarni berbagai kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian polri dalam menekan kasus Covid di Kota Sukabumi. Selain itu dapat menjadi bagian untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kota Sukabumi.

 

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ditemani dengan Kapolres dan unsur Kodim 06007 Kota Sukabumi berbincang dengan salah satu warga yang telah divaksin, Sabtu (19/6).
Gebyar Vaksinasi Hut Bhayangkara ke-75

Tak sampai disini dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-75 Polres beserta Dinas Kesehatan Kota Sukabumi akan mengadakan Gebyar Vaksinasi. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu (26/6).

Lokasi dilaksanakanya kegiatan ini terdapat di empat titik diantaranya, Gedung Juang’45 (diutamankan untuk warga Cikole dan Gunung Puyuh), Gedung Korpri Lembursitu (diutamakan untuk warga Kecamatan Lembursitu, Cibeureum dan Baros), SMAN 1 Sukabumi (diutamakan untuk warga Kecamatan Citamiang, Warudoyong), dan lokasi terakhir SATPAS SAT LANTAS, Jl. KH. A. Sanusi Warudoyong (diutamakan untuk keluarga POLRI dan warga Kecamatan Gunungpuyuh, Sukalarang, Cireunghas, Kebonpedes, Sukaraja, Sukabumi, Cisaat, Kadudampit, dan Gunungguruh).

 

Saat Anggota Kepolisian melakukan sosialisasi mengenai Vaksinasi dan Protokol Kesehatan. Dari gambar diatas terlihat meskipun bertugas, aparat tetap menjalankan protokol kesehatan dan menghimbau warga yang masih berkerumun untuk tidak berkerumun.

 

Polri Sahabat Masyarakat

Polri semakin serius untuk membantu menekan kasus penyebaran Covid-19 ini. Diketahui sebelumnya Polres Sukabumi juga mensosialisasikan vaksinasi untuk menekan angka kasus yang terlihat semakin meningkat. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan memberikan informasi mengenai vaksinasi ini. Secara sabar dan ramah anggota kepolisian Sukabumi memberikan pemahaman dan edukasi terkait penyebaran Covid-19 serta mengingatkan untuk terus menerapkan 5M di beberapa sentra kegiatan masyarakat.

Baca Juga:  PSG Bungkam Barca 4-1, Mbappe "Mempermalukan" Messi

Dalam hal ini Polri melalui anggota kepolisian di Kota Sukabumi, membuktikan bahwa Polri memberikan dukungan yang besar terhadap percepatan vaksinasi Covid-19 untuk membentuk Herd Immunity.

 

Saat Kapolres Kota Sukabumi memberikan sembako untuk Lansia.

 

Sisi humanis yang sangat nyata dalam kegiatan vaksinasi ini adalah keseriusan, kesabaran dan kepedulian yang ditunjukan oleh anggota Polri dalam bidang kesehatan masyarakat. Selain itu, sisi kemanusiaan lain yang terlihat adalah pada saat pelaksanaan akselerasi vaksinasi di Posyandu Delima 3 RW 03 Kelurahan Baros Kecamatan Baros Kota Sukabumi, Senin (7/6) lalu, Kapolres Sukabumi Kota juga menyempatkan diri untuk berbagi kepada para lansia yang terdampak. Sisi kemanusiaan inilah yang menjadikan Polri semakin dekat dengan masyarakat.

Perlahan membuktikan bahwa Polri adalah sahabat masyarakat bukan musuh yang harus di takuti bahkan dijauhi. Polri boleh tegas tapi hati mereka tidak bisa berbohong, bahwa mereka masih memiliki kepedulian terhadap sesamanya.

Harapan rakyat adalah Polri senantiasa menjadi pengayom, pelindung dan memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini ditunjukkan dalam kegiatan vaksinasi ini. Dimana Polri, TNI, Dinas Kesehatan dan Pemprov ataupun Pemkot terus bersinergi dalam mengupayakan kesehatan masyarakat.

 

Bidang Ekonomi

 

Saat Kapolres Sukabumi Kota memberikan sambutan pada pembukaan Galeri Bageur

 

Selain bidang kesehatan, Polres Sukabumi Kota juga memperhatikan dampak pandemi pada bidang ekonomi. Hal ini dibarengi dengan sisi humanis Polri dengan mengajak mantan berandalan bermotor untuk produktif dalam kegiatan positif

Baca Juga:  Waspada! Virus Corona EEK Sudah Ada di Indonesia

Salah satunya di Kota Sukabumi dengan mendirikan Rumah Kreatif Milenial (RKM) sebagai wadah pembinaan kepada mantan berandalan atau geng motor.

Di RKM yang digagas Polres Sukabumi Kota ini diberikan pelatihan seperti membuat batik, jumputan, kuliner dan lain sebagainya. Selanjutnya hasil karya dari mantan geng motor berupa batik, produk makanan dan minuman kini dijual di Galeri Bageur yang diresmikan, Rabu 16 Juni 2021 lalu.

” Galeri ini mewadahi produk dari RKM dan produk UKM lainnya,” ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni. Hal ini disampailam di sela-sela launching Galeri Bageur Polres Sukabumi Kota di Vila Aku Cantik Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

RKM kata Sumarni, didirikan karena dasar adanya kasus penganiayaan dilakukan geng motor. Sehingga perlu pendekatan dan pembinaan serta sentuhan kepada mereka.

Polres lanjut Sumarni bergandengan tangan dengan seluruh lapisan masyarakat mengajak geng motor mampu berhijrah dari area negatif ke positif. Intinya bagi yang tetap melakukan aksi negatif akan ditindak, namun di sisi lain polres mengajak mereka masuk ke dalam wadah supaya berhijrah salah satunya rumah kreatif milenial.

 

Dalam semua kegiatannya Polres Kota Sukabumi tetap menerapkan Protokol Kesehatan.