Prof. Udin Pesan Kepada Pimpinan Sekolah Muhammadiyah Supaya Raih Keunggulan dengan 4 Hal

  • Bagikan

KABARINDAH.com – Dalam acara pelantikan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah dan SMK Muhammadiyah 2, 3, 4 Cileungsi pada Rabu (6/10/2021) di Masjid Al-furqon Kampus E Perguruan Muhammadiyah Cileungsi.

Wakil Ketua PWM Jawa Barat Prof. Udin Syaefudin Sa’ud, Ph.D. memberikan arahan dan pembinaan khususnya kepada para pimpinan sekolah yang telah dilantik, umumnya kepada tamu undangan yang terdiri dari unsur PCM Cileungsi, penasihat PCM Cileungsi, guru dan staf se-Perguruan Muhammadiyah Cileungsi.

Prof Udin, sapaan akrabnya menyampaikan tiga ciri sekolah yang harus ada di sekolah Muhammadiyah Cileungsi, yaitu:

1. Membawa keunggulan Muhammadiyah. Dengan nama besar Muhammadiyah dengan berbagai upaya memajukan bangsa disegala bidang terutama pendidikan. Maka harus dikawal dengan serius keunggulan itu oleh pimpinan sekolah di era revolusi industri 4.0. Indikator sekolah unggulan adalah menjadi pilihan pertama masyarakat. Hal itu dilihat dari akreditasi, prestasi akademik dan nonakademik, serta apresiasi dari masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Ciptakan Kualitas SDM Panti Asuhan, Pemkot Makassar Gelar Pelatihan Panti Cerdas

2. Tata kelola yang baik yang berkaitan dengan administrasi, kepegawaian dan siswa harus dioptimalkan. Jika penatakelolaannya sudah baik, maka sekolah bisa jadi percontohan atau disebut sekolah model.

3. Sekolah menjadi pusat perkaderan Muhammadiyah. Hadirnya sekolah Muhammadiyah tidak hanya sekedar aktifitas pembelajaran dan transfer ilmu, tetapi harus menjadi salah satu pusat perkaderan Muhammadiyah dengan berbagai program yang sesuai dengan perjuangan persyarikatan Muhammadiyah.

“Keberhasilan dan kemajuan sekolah berada pada pimpinan sekolah,” tegasnya.

Selanjutnya, Prof Udin menambahkan 4 hal yang harus diperhatikan pimpinan sekolah diantaranya :

Baca Juga:  Hadirkan Perumahan Dosen, UIN Bandung Lakukan MoU dengan BTN

1. Kompetensi profesional dengan ditandai sertifikat kepala sekolah. Para kepala sekolah maupun calon kepala sekolah harus dibekali dengan baik.

2. Kolaborasi. Membuka diri untuk membangun kerja sama, kemintraan maupun pola kolaboratif dengan pihak lain.

3. Inovasi. Menghadirkan program dan skema kerja yang inovatif.

4. Investasi. Apa yang menjadi program dan prestasi sekolah dipublikasikan ke masyarakat, sehingga menjadi kesan baik dan melekat. Pada era digital ini, bisa memanfaatkan media sosial dan media online untuk mempublikasi program dan kegiatan sekolah.

Terakhir, Prof Udin menyampaikan empat pesan penting dalam meraih keunggulan sekolah Muhammadiyah:

Baca Juga:  Hadirkan Perumahan Dosen, UIN Bandung Lakukan MoU dengan BTN

1. Berkiprahlah sesuai amanat persyarikatan Muhammadiyah.

2. Memahami Al-quran dengan baik dan benar. Hadirkan kecintaan terhadap Al-quran, salah satu programnya adalah Tahfizh Quran. Tampilkan hasil dari program yg sudah berjalan pada sesi acara tertentu, sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

3. Praktik Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada aktifitas sekolah dan kehidupan di masyarakat.

4. Menjalankan kaidah dan qoidah di persyarikatan Muhammadiyah dengan komitmen yang baik dan sungguh-sungguh. Karena dengan komitmen yang tinggi akan menghadirkan semangat kerja hasil yang baik.

“Mari sama-sama memajukan amal usaha sekaligus persyarikatan melalui tugas dan posisi masing-masing,” tutupnya.

[Kontributor: M Jatnika Pamungkas, Ketua PDPM Kabupaten Bogor]

  • Bagikan