Kabar  

Pompa Semangat Pelajar Raih Cita-Cita, Mata Garuda Jawa Barat Gelar Webinar Kelas Inspirasi

KABARINDAH.COM — Melanjutkan studi ke perguruan tinggi ternama merupakan impian setiap pelajar. Namun, tak sedikit pelajar SMA/MA/SMK yang bingung dan galau saat akan menentukan dan memilih program studi di universitas. Dampaknya, setelah menjadi mahasiswa banyak yang menyesal karena salah memilih program studi.

Guna membantu para pelajar SMA/MA/SMK kelas 12 menemukan minat dan prodi yang sesuai saat kuliah nanti, Ikatan Alumni Beasiswa LPDP atau yang lebih dikenal dengan Mata Garuda Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat menggelar Webinar Kelas Inspirasi dengan mengusung tema “Diskusi Asa Bangunkan Mimpi”, Sabtu (30/1).
Webinar yang diikuti ratusan pelajar SMA/SMK/MA di Jawa Barat itu menghadirkan dua pemateri, Setia Furqon Kholid seorang Trainer Muda dan Penulis Buku “Jangan kuliah kalau tidak sukses” dan Haykal Kamil seorang publik figur. Ketua Mata Garuda Jawa Barat, Abdillah mengatakan, Webinar Kelas Inspirasi bertujuan untuk memberikan memotivasi kepada pelajar SMA/SMK/MA di Jawa Barat yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Baca Juga:  Nakes Wisma Atlet Pertama Gugur Karena Covid-19

“Dalam webinar ini, Mata Garuda Jawa Barat memberikan tips dan trik memilih jurusan dan perguruan tinggi yang tepat selepas lulus dari sekolah menengah,” ujar Kang Abdillah dalam siaran persnya yang diterima kabarindah.com, Sabtu (30/1).

Webinar ini, menurut Kang Abdillah, juga merupakan bagian dari kegiatan pengabdian Mata Garuda Jawa Barat untuk memberikan motivasi dan inspirasi untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA di Jawa Barat. “Kami berharap siswa-siswi dapat memperoleh banyak wawasan dan motivasi dari para pembicara, dan pada akhirnya mereka mampu menentukan tujuan dan cara mencapainya,” ungkap alumnus penerima beasiswa LPDP ini.

Ia berharap, setelah mengikuti Webinar Kelas Inspirasi itu, para pelajar bisa mendapatkan motivasi untuk mengejar dan menggapai cita-citanya. Yang terpenting, lanjut Abdillah, para pelajar bisa menentukan jurusan terbaik sesuai minatnya. “Ini penting, sehingga adik-adik ini tidak galau dan salah dalam menentukan masa depannya,” ungkap dosen UIN Bandung itu.

Baca Juga:  Benchmarking Kurikulum Merdeka Belajar UIN Surabaya ke UIN Bandung

Abdillah pun berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk memperkuat jaringan antarsiswa di Jawa Barat. “Semoga kegiatan ini bisa menjadi tempat untuk adik-adik kita dalam membangun jejaring dan koneksi,” kata dia. Dengan jejaring yang kuat, lanjut dia, para siswa akan mendapatkan banyak kesempatan.

“Dengan banyak teman, kita akan memperoleh banyak informasi bermanfaat yang berkaitan dengan pendidikan dan beasiswa. Dari pengalaman hidup saya, mendapatkan beasiswa S1 dan S2 bukan dari almamater informasinya, tapi dari beberapa kawan,” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kepala Seksi Pengembangan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Oktora, menilai kegiatan tersebut sangat menginspirasi. “Kegiatan ini sangat bagus, terutama untuk menginspirasi adik-adik kita anak SMA, MA dan SMK di Jawa Barat,” kata Firman.

Baca Juga:  Kim Jong Un Beri Ucapan Selamat Kemerdekaan Indonesia

Menurutnya, kegiatan yang diinisiasi Mata Garuda Jawa Barat itu sebagai sebuah gerakan yang bagus. Ia berharap agar kegiatan tersebut terus dilakukan dan Mata Garuda Jawa Barat terus berbagi terutama dalam hal-hal kebaikan.