Kabar  

Pidato Jokowi: Yang Utama dalam Bernegara ialah Menyelamatkan Rakyat

KABARINDAH.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang melakukan berbagai penyesuaian di masa pandemi Covid-19. Dia mengatakan, pemeriksaan keuangan yang cepat merupakan upaya menyelamatkan masyarakat dari pandemi.

“Di tengah kebutuhan pemerintah untuk bertindak cepat menyelamatkan masyarakat dari pandemi, peran pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI juga telah dilakukan beberapa penyesuaian,” kata Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (16/8/2021).

“Yang utama adalah menyelamatkan rakyat. Menyelamatkan rakyat adalah hukum tertinggi dalam bernegara,” sambungnya.

Dia mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 bukanlah situasi yang normal. Oleh sebab itu, pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK RI harus disesuaikan dengan situasi pandemi.

Baca Juga:  UM Bandung dan GIB Jajaki Kerja Sama

“Situasi pandemi bukan situasi normal, dan tidak bisa diperiksa dengan standar situasi normal,” jelasnya.

Jokowi menuturkan inovasi BPK mewujudkan akuntabilitas patut untuk dihargai. Di sisi lain, dia mengapresiasi upaya BPK yang memberikan informasi temuan pemeriksaan keuangan baik di pusat maupun daerah.

“Saya mengapresiasi upaya-upaya BPK untuk memberikan informasi temuan pemeriksaan agar ditindaklanjuti oleh pemerintah, baik di pusat maupun di daerah,” tutupnya.