Kabar  

Petugas BPBD Kota Sukabumi Gercep, Evakuasi Pohon Tumbang yang Hambat Aliran Sungai

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Bencana pohon tumbang terjadi<span;> di Sungai Pangbarakan, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Selasa (20/2/2024). Pascakejadian, sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, melakukan evakuasi pohon tumbang yang melintang di Sungai Pangbarakan, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Selasa.

” Pohon tumbang tersebut dapat mengganggu aliran sungai dan menimbulkan potensi bencana banjir jika tidak segera ditangani,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik. Sehingga evakuasi pohon harus dilakukan dengan cepat dan tepat.

Hasilnya kata Novian, petugas sudah melakukan evakuasi pohon tumbang ini dengan cepat dan tanggap. Dengan adanya evakuasi ini dapat mengurangi potensi bencana banjir di wilayah sekitar Sungai Pangbarakan.

Baca Juga:  Pemkot Sukabumi Bekali Para Aparatur Pemerintah Dengan Pondasi Nilai Agama

Novian mengatakan, tidak menutup kemungkinan jika pohon yang melintang ke sungai tersebut tidak segera dievakuasi. Maka sampah yang tertahan batang pohon bisa menyumbat saluran air.

” Apalagi saat musim hujan air kerap meluap, sehingga perlu adanya penanganan yang cepat,” kata Novian. Evakuasi pohon tumbang di Sungai Pangbarakan telah berhasil dilakukan dan situasi di lokasi evakuasi sudah kembali normal.

BPBD lanjut Novian, terus melakukan pemantauan terhadap potensi bencana di wilayahnya dan siap untuk bertindak cepat dalam penanggulangan bencana yang mungkin terjadi. Ia mengingatkan, masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam seperti pohon tumbang, banjir, dan longsor.

” Semua elemen warga perlu bekerjasama dalam upaya penanggulangan bencana agar dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi,” kata Novian. Misalnya untuk mencegah kerugian materiil hingga korban jiwa.