Perbedaan Antara Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree

KABARINDAH.COM – Di zaman now, istilah headphone, headset, earphone, dan handsfree memang sudah tak asing di telinga. Namun, tahukah Anda masih banyak orang yang keliru menyebut empat aksesori gadget paling populer tersebut.

Tak dimungkiri, aksesori ini sudah menjadi kebutuhan untuk mendengarkan audio lewat ponsel, komputer atau laptop. Terlebih, suara yang dihasilkan perangkat elektronik ini lebih jelas sehingga pasti sangat membantu untuk berbagai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa perbedaan paling mendasar dari fungsi dan kegunaan masing-masing aksesori ini.

1. Headphone

Sebetulnya headphone merupakan aksesori alat dengar sederhana. Perangkat elektronik ini hanya berfungsi untuk membantu kita mendengarkan audio tanpa bisa digunakan untuk komunikasi.

Baca Juga:  Tanamkan Nasionalisme dalam Diri, Inilah 4 Film Perjuangan Tokoh Indonesia

Biasanya kualitas audio yang dihasilkan headphone lebih baik karena memang didesain hanya untuk fungsi tersebut. Anda yang suka mendengarkan musik di laptop atau komputer, perangkat ini sangat membantu kebutuhan Anda.

2. Headset

Secara sederhana, headset adalah headphone dengan tambahan mikrofon. Dengan demikian, perangkat ini tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan audio, tetapi juga untuk menunjang komunikasi.

Umumnya, headset terdiri dari dua jack audio, yakni input untuk mikrofon dan output untuk speaker. Headset banyak digunakan oleh orang-orang yang berprofesi seperti call center.

3. Earphone

Sepintas jika dilihat dari fungsi dan kegunaannya, earphone sebetulnya tidak jauh berbeda dengan headphone. Salah satu perbedaan yang paling mendasar keduanya adalah earphone punya bentuk yang lebih mungil dan terlihat simpel.

Baca Juga:  Tiara Andini, Runner Up Indonesian Idol 2020 Kolaborasi dengan Musisi Ternama Rilis Album Debut Perdana

Oleh karena bentuk dan ukuran kecil ini, earphone mudah dibawa ke mana-mana. Itulah mengapa earphone lebih sering dan lebih banyak digunakan untuk perangkat mobile phone atau ponsel.

4. Handsfree

Inilah earphone dengan tambahan tombol fungsi tertentu dan mikrofon. Lewat tombol tersebut, pengguna bisa menaikkan atau merendahkan volume dan memutus atau menerima panggilan.

Biasanya handsfree disertakan dalam pembelian ponsel baru. Seiring perkembangan teknologi, handsfree sudah banyak yang dilengkapi fitur bluetooth sehingga dapat berfungsi nirkabel dan dinilai lebih bebas alias tidak mengganggu.