Apa Itu Metaverse? Dunia Masa Depan, Rekayasa atau Virtualitas Impian!

KABARINDAH.COM – Nama Metaverse kini menjadi salah satu perbincangan ketika Mark Zuckerberg pendiri Facebook, mengubah nama perusahaannya menjadi Meta pada Oktober 2021 lalu. Ternyata, pergantian nama tersebut bukan semata-mata tanpa alasan.

Mark berencana membuat nama perusahaannya menjadi metaverse-first, dimana ia akan menciptakan sebuah ruang dunia virtual tanpa batas yang bisa diakses oleh siapa pun.

Lantas, apa itu metaverse? Bagaimana cara kerjanya? Apakah metaverse ini nantinya akan menjadi sesuatu yang bisa mengubah kehidupan dunia di masa mendatang?

Perlu diketahui bahwa saat ini metaverse itu belum benar-benar ada. Dunia metaverse hanya ada di dalam imajinasi para visioner seperti Mark Zuckerberg dan beberapa temannya yang nantinya akan berusaha mengembangkan metaverse menjadi sebuah dunia yang bisa ditempati.

Baca Juga:  Bos WhatsApp Waspadai iMessage Besutan Apple Sebagai Aplikasi Saingan

Menurut Matthew Ball, seorang venture capitalist penulis Metaverse Primer mendeskripsikan bahwa: “Metaverse adalah jaringan luas dari dunia virtual tiga dimensi yang bekerja secara real-time dan persisten. Serta mendukung kesinambungan identitas, objek, sejarah, pembayaran, dan hak, yang mana dunia itu dialami secara serempak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas.”

Intinya, metaverse ini nantinya akan mengubah kebiasaan hidup, cara bersosialisasi, bekerja, berbisnis, dan segala macam hal yang biasa dilakukan oleh manusia di dunia sekarang ini.

Mungkin semua itu terdengar gila. Namun, pada kenyataannya hingga kini telah banyak dari beberapa perusahaan besar yang telah membeli sebuah lahan di metaverse versi sekarang yang bernama metaverse sandbox.

Baca Juga:  Tiktok Ternyata Ada Pesaing Namanya Youtube Shorts: Video 60 Detik Besutan YouTube

Cara kerja dalam dunia metaverse sama halnya seperti kehidupan saat ini. Hanya lingkup dunia metaverse adalah virtual. kita juga bisa menggunakan sebuah identitas menggunakan avatar sebagai alat bantu pengenal diri kita.

Dalam dunia metaverse yang disebut-sebut akan menjadi kehidupan di masa mendatang ini, tidak akan jauh dari yang namanya perangkat VR.

Perangkat VR inilah yang nantinya akan digunakan sebagai alat untuk mengakses serta bisa berinteraksi, bahkan merasakan segala macam hal di dunia metaverse.

Bahkan dunia tiga dimensi dalam metaverse ini juga akan dibangun sedemikian rupa sehingga sangat mirip dengan dunia yang kita tempati saat ini. Perbedaan yang perlu diingat lagi bahwa dunia metaverse adalah dunia virtual, dunia yang dibuat dan diciptakan oleh campur tangan manusia.

Baca Juga:  Selalu Waspada dengan Ancaman Berbahaya Media Sosial

Bisa dikatakan bahwa metaverse yang akan dirancang oleh Mark Zuckerberg ini merupakan sebuah dunia virtual impian. Di dalamnya kita bisa melakukan banyak hal dan bersosialisasi dengan siapa pun dari seluruh penjuru dunia mana pun.