Kabar  

Meningkatkan Skill dan Kreativitas Mahasiswa UM Bandung Melalui PKM

KABARINDAH.COM, Bandung – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) melalui PKM Center menggelar sosialisasi program PKM Center UM Bandung periode 2023 secara online pada Sabtu (07/01/2023).

Hadir secara daring yakni Rektor UM Bandung dan para dosen maupun mahasiswa UM Bandung. Secara keseluruhan, jumlah yang hadir 300 orang.

Dalam sambutannya, Rektor UM Bandung Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc IPU mengatakan, program PKM Center memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas.

Adapun kreativitas itu, kata Herry, dapat menjadi pendamping hard competency yang sudah diasah pada program studinya masing-masing. ”Kreativitas ini dimensinya sangat luas, tidak selalu mengikat pada program studi tertentu, tapi pada seluruh ragam aktivitas lainnya,” ucap Herry.

Baca Juga:  Terobosan Baru UIN Bandung, Satu Skripsi Dikerjakan Dua Mahasiswa

Selain itu, mahasiswa yang mengikuti program PKM juga dapat berinteraksi dengan mahasiswa perguruan tinggi lainnya guna meningkatkan akses pengetahuan yang berbeda dengan UM Bandung. ”Dengan kesempatan ini, sekat-sekat yang mengungkung kita sebagai perguruan tinggi dapat kita eliminasi,” tutur Herry.

Ia berharap dengan adanya program PKM Center dapat menjadikan mahasiswa membangun semangat untuk berprestasi. ”Dari situlah insyaallah akan lahir islamic teknologi yang betul-betul tangguh dan sesuai dengan visi berdirinya UM Bandung,” imbau Herry.

PKM Center

Sementara itu, Ketua PKM Center UM Bandung Muhammad Fauzi SP MP menjelaskan seputar PKM Center kepada para mahasiswa. Pada awalnya, PKM merupakan singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa.

Baca Juga:  Himabit UM Bandung Sukses Gelar Seminar dan Lomba Tingkat SMA se-Jawa Barat

Setelah itu, pada 2022 kepanjangan PKM berubah nama menjadi Pembinaan Kompetisi Mahasiswa. ”Seiring perkembangan program Kemendikbud untuk seluruh mahasiswa di Indonesia, kami mengembangkan fasilitas pembinaan kepada mahasiswa yang akhirnya mengubah nama PKM menjadi Pembinaan Kompetisi Mahasiswa,” ungkap Fauzi.

Ia menjelaskan, ada empat kegiatan PKM Center yang memfasilitasi mahasiswa untuk menampung berbagai kegiatan. Apa itu? Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (PPMW), Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM), dan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).

”Insyaallah bagi mahasiswa yang serius ikut program ini, luaran produk dari hasil PKM teman-teman nantinya bisa menjadi bisnis selama kuliah dan pasca kuliah,” tandasnya.***(FK)

Baca Juga:  IMM Bantim - IMM Sumedang Sukses Gelar Historical Talkshow, Hadirkan Sejarawan Ahmad Mansur Suryanegara