Ibrah  

Mengucapkan Salam: Hukum, Keutamaan, dan Lafadz-nya dalam Bahasa Arab

KABARINDAH.COM – Assalamualaikum berisi tentang doa untuk orang yang diucapkannya. Maka dari itu mengucap salam sangat dianjurkan. Dalam Islam, mengucapkan salam hukumnya sunnah.

Namun bagi orang yang diucapkan, maka hukumnya wajib untuk menjawab “Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh”.

Keutamaan atau manfaat dari mengucapakan Assalamualaikum yakni berisi doa tentang keselamatan, keberkahan dan rahmat kepada sesama muslim.

Untuk itu membalas salam hukumnya wajib menurut para ulama. Mengucapkan salam juga merupakan salah satu bentuk cinta dan perhatian bagi sesama muslim.

Selain itu, jika diucapkan secara sempurna “Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh” maka akan mendapatkan 30 kebaikan.

Hadis tentang mengucapkan salam juga diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak akan sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim).

Baca Juga:  Kisah Imam Abu Hanifah, Berterima Kasih pada Tetangganya yang Pemabuk

Selain itu Allah SWT juga berfirman dalam surat An-Nur ayat 27 yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kalian memasuki rumah yang bukan rumah kalian sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.”

Adapun lafadz Assalamualaikum secara lengkap dalam Bahasa Arab dan artinya adalah sebagai berikut:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Artinya: “semoga kesejahteraan (keselamatan) dilimpahkan kepada anda sekalian, juga rahmat Allah serta barakah-Nya”

Cara menjawabnya ialah sbb:

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.

Artinya: “Dan semoga kesejahteraan, rahmat, dan barakah-Nya (itu) dilimpahkan kepada anda sekalian (juga).”

Demikianlah arti Assalamualaikum dan hukum mengucapkannya. Semoga kita dapat selalu mengamalkan ibadah sunnah ini, semoga bermanfaat!