Kabar  

Menghidupkan Semangat Intelektual Publik, HIMA EKSYAR FAI Unsil Tasikmalaya Gelar Webinar Jurnalistik

KABARINDAH.COM – Pada Minggu, 12 Desember 2021 Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah (HIMA EkSYAR) Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi menyelenggarakan Webinar Jurnalistik secara virtual menggunakan Platform Zoom Meeting.

Webinar Jurnalistik tersebut, mengambil tajuk “Menulis dengan Gaya Versi Media Massa”. Kegiatan webinar ini diselenggarakan dengan beberapa tujuan, yakni bersilaturahmi, mempererat ukhuwah antar sesama pencari ilmu, memperbaharui nilai keilmuan dengan cara diskusi interaktif, khususnya mengenai penulisan karya di media massa, menciptakan lebih banyak penulis muda berbakat dan menjadikan media massa sebagai sarana menyalurkan hobi dan bakat.

Dalam sambutannya, Kaprodi Ekonomi Syariah, Dr. Yusef Rafiqi, S.Ag, MM, mengatakan bahwa menulis artikel di media massa ialah tanda seorang mahasiswa terkategori sebagai intelektual publik. Di mana, dari sisi fungsionalitas memang sangat bermanfaat untuk membangun peradaban.

Baca Juga:  Dua Minggu Terakhir, Polres Sukabumi Kota Ungkap Delapan Kasus Peredaran Narkotika

“Mahasiswa sebagai agent social of change merupakan golongan tercerahkan secara intelektual. Sehingga dengan demikian, kita sebagai mahasiswa ekonomi syariah harus memiliki kualitas skill menulis, khususnya di media massa. Karena itu, kepada pemateri tolong dibimbing mahasiswa agar punya skill menulis untuk media massa.” katanya.

Sementara itu Wakil Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, Biki Zulfikri Rahmat, S.Sos.I, M.Esy, mengungkapkan bahwa menulis ialah salah satu keahlian yang dilatih dan kemalasan merupakan penghalang memperoleh kemampuan menulis.

“Menulis itu mudah bagi orang yang terbiasa menuliskan idenya ke dalam wujud tulisan. Sedangkan bagi mereka yang tidak terbiasa menulis karena kemalasan yang mendera, aktivitas menulis ialah hal yang sulit dilakukan. Karena itulah, biasakanlah menuliskan ide sehingga menjadi gagasan yang mampu mengubah kehidupan ke arah lebih baik.” ujarnya.

Baca Juga:  Pimpinan Komisariat IMM Fakultas Sains dan Teknologi UM Bandung Resmi Dilantik

Kegiatan webinar ini berlangsung lancar, dengan total partisipan 110 peserta. Dihadiri juga oleh Kepala Jurusan Ekonomi Syariah, Wakil dekan 2, Ketua Badan Legislatif, Ketua Badan eksekutif juga Ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah.

Sukron Abdilah., S.Sos, Mediapreneur dan penulis beberapa buku dalam kesempatan itu mengatakan bahwa untuk bisa menulis seseorang memerlukan tekad, semangat dan keinginan yang kuat.

“Berdasarkan pengalaman saya, menulis buku, artikel, novel atau sekadar catatan kecil, emang perlu dengan semangat, tekad, dan keinginan kuat. Selain itu, kita juga harus rajin membaca dan berdiskusi atau mengikuti seminar yang berkaitan dengan materi yang akan kita tulis. Sebab, modal utama menjadi penulis adalah memiliki kekayaan diksi, berwawasan luas, memiliki analisis yang tajam, dan ada tidaknya gagasan yang akan ditawarkan di dalam sebuah tulisan.” tutur Pak Sukron.

Baca Juga:  Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Gelar Workshop Penyusunan Borang Program Studi Baru

Webinar jurnalistik ini membahas seputar Urgensi Media Massa di Era Masyarakat Cerdas 5.0, teknik mendasar dalam menulis publikasi di Media Masaa yang menarik dan baik (Artikel. Cerita fiksi, prese release, berita dan lain-lain) di media koran, majalah, website dan lain sebagainya, juga motivasi menulis dan hal yang perlu diperhatikan seorang jurnalis.

Saat sesi diskusi interaktif pun antusiasme peserta sangat luar biasa, dan dengan antusiasme inilah 4 peserta beruntung mendapatkan Doorprize menarik dari pihak penyelenggara.

Dengan diadakannya Webinar Jurnalistik ini, diharapkan bisa mencetak lebih banyak penulis-penulis muda yang dapat eksis di media massa dengan kualitas yang mumpuni juga keberanian diri. Karena sejatinnya menulis dan mempublikasikan karya perlu ketekunan juga keberanian yang tinggi.

[Kontributor: Siti Sarah Lutfiah]