Kabar  

Keren! Laboratorium Kalibrasi UIN Bandung Raih Akreditasi dari KAN

KABARINDAH.COM-Laboratorium Kalibrasi yang merupakan unit di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, berhasil mendapatkan Akreditasi Laboratorium Kalibrasi melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor akreditasi LK-408-IDN.

Rektor Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., CSEE menyampaikan ini berdasarkan surat Komite Akreditasi Nasinonal (KAN) no. 522/3.a.1/LAB/04/2023 tentang Keputusan Akreditasi menjelaskan bahwa pada tanggal 17 April 2023, Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung resmi ter-akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Akreditasi Laboratorium Kalibrasi ini mengacu pada SNI ISO/IEC 17025:2017 mengenai Persyaratan Umum untuk Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi.

Visitasi lapangan dilaksanakan pada tangal 17-18 November 2022 dengan Tim Asesmen KAN, terdiri dari: Ir. Soeprijanto (Ketua Tim Asesor), Hilman Syaeful Alam, M.T. (Asesor), dan Desi Kurnia, M.Si. (Asesor). Masa akreditasi berlaku 5 (lima) tahun dari tanggal 17 April 2023 – 16 April 2028. Dengan demikian, Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati memiliki hak untuk menggunakan Simbol Akreditasi KAN sesuai dengan yang diatur di dalam KAN U-03 tentang Penggunaan Simbol Akreditasi KAN dan KAN U01 tentang Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian.

Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu (LKLT) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung berhasil meloloskan 4 ruang lingkup kalibrasi, diantaranya Besaran massa meliputi timbangan dan anak timbang; Volumetrik meliputi alat glassware; Suhu meliputi termometer; dan Instrumen Analitik meliputi pH Meter.

Baca Juga:  Edarkan Sabu Seberat 16,46 Gram, Pemuda di Sukabumi Diringkus Polisi

“Dengan diperolehnya status akreditasi laboratorium kalibrasi, maka LKLT UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat memberikan layanan kalibrasi alat-alat ukur untuk kalangan civitas akademik UIN SGD Bandung dan industri serta masyarakat pada umumnya,” jelasnya, Rabu (31/5/2023)

Ketua Laboratorium Terpadu, Dr. Tri Cahyanto, M.Si. menyatakan bahwa LKLT UIN SGD menjadi Laboratorium Kalibrasi pertama yang terakreditasi KAN di lingkungan PTKIN, “Semoga membawa berkah bagi semua pihak. Tim Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menghaturkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu tercapainya target akreditasi,” ucapnya.

Dengan ini pula kami menyampaikan bahwa Laboratorium Kalibrasi Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, “Siap melayani kebutuhan kalibrasi khalayak umum sesuai dengan standar,” pungkasnya.