Kamu Perlu Tahu, Inilah 5 Daerah Tambang Emas Terbaik di Indonesia

  • Bagikan

KABARINDAH.COM, JAKARTA – Saat ini dunia dihebohkan dengan penemuan gunung emas di sebuah desa di Provinsi Kivu Selatan, Republik Demokratik Kongo. Videonya sudah beredar luas dan bisa diakses dengan mudah.

Kalau kita membaca informasi, Indonesia juga memiliki sejumlah daerah yang kaya akan logam mulia ini. Mengutip PT Agincourt Resource, berikut 5 daerah tambang emas terbaik di Indonesia.

1. Dompu

Nusa Tenggara Barat hingga saat ini didapuk menjadi salah satu daerah dengan sumber mineral tertinggi di Indonesia, terbukti dengan langgengnya penambangan emas di provinsi ini. Hingga tahun 2020 tercatat dua perusahaan penambangan besar telah hadir di Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:  Adira Finance Kolaborasi Bareng Kemenparekraf RI Gelar Festival Kreatif Lokal 2021 di Mandalika

2. Sumbawa

Sumbawa merupakan daerah lain di Nusa Tenggara Barat yang menjalankan penambangan emas. Amman Mineral atau yang dulunya dikenal sebagai Newmont mengambil posisi produksi di sekitar tambang batu hijau, Pulau Sumbawa.

Kegiatan penambangan mineral yang dilakukan dimulai sejak tahun 2000, sekaligus merupakan kegiatan penambangan terlama di Indonesia. Pada tahun 2020 ini Amman Mineral melaporkan hasil penambangan emas mencapai 4.12 juta ounce.

3. Papua

Daerah penghasil tambang terbesar selanjutnya adalah yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Perusahaan ini mengambil lokasi di dataran Tembagapura, Mimika, Papua dan memulai kegiatannya sejak tahun 1967.

Baca Juga:  Gunakan Sistem Transportasi Terintegrasi, Kini di Jakarta Semakin Nyaman Berganti Moda Transportasi

Sampai saat ini Papua menjadi daerah penghasil emas terbanyak di Indonesia, terbukti dengan hasil penambangan yang tetap produktif selama puluhan tahun. Untuk kuartal di tahun 2020 ini PT Freeport mendapatkan hasil 240 kilogram emas murni setiap harinya.

4. Martabe

Tambang emas Martabe merupakan spot emas murni terbesar yang ada di Kawasan Sumatera Utara. Mengambil lokasi kerja di Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, penambangan sudah dimulai sejak tahun 2008. Hingga saat ini profit yang didapatkan dari penambangan emas Martabe terus meningkat, yaitu mencapai angka 350 ribu ons dalam tiap tahunnya.

Baca Juga:  Gunakan Sistem Transportasi Terintegrasi, Kini di Jakarta Semakin Nyaman Berganti Moda Transportasi

5. Pongkor

Salah satu daerah penghasil emas murni di bagian Pulau Jawa adalah Pongkor, yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kegiatan penambangan yang sudah dimulai sejak tahun 1994 ini dikelola oleh PT Antam Tambang Tbk.

  • Bagikan