Ibrah  

Kader Muhammadiyah ini Bersepeda dari Indonesia ke Arab Saudi untuk Berhaji

KABARINDAH.COM — Kader Muhammadiyah asal Magelang, Jawa Tengah, Muhammad Fauzan (28) akhirnya sampai di Riyadh, Arab Saudi, pada Kamis (26/05/2022).

Uniknya, transportasi yang digunakan adalah sepeda. Ia menceritakan bahwa dirinya telah melakukan perjalanan sejak bulan November 2021 dan telah melintasi Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Setelah melewati negara-negara tersebut ia langsung menuju ke Arab Saudi dengan pesawat.

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi menyambut kedatangan Fauzan. Pihak PCIM kemudian mendampingi Fauzan untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan berbagai pihak termasuk dengan Duta Besar RI Abdul Aziz Ahmad dan Wakil Kepala Perwakilan RI Arief Hidayat pada hari Ahad (29/05/2022).

Agenda pertemuan ini ditujukan untuk bersilaturahmi sekaligus meminta arahan beliau untuk kemungkinan pelaksanaan ibadah haji yang menjadi tujuan Fauzan melakukan perjalanan ke Arab Saudi ini.

Baca Juga:  Kisah Imam Abu Hanifah, Berterima Kasih pada Tetangganya yang Pemabuk

Dalam pertemuan tersebut, Fauzan bercerita tentang motivasinya bersepeda hingga ke Arab Saudi adalah keinginan kuatnya untuk beribadah Haji. Tidak lupa juga berkisah seputar terjalnya perjalanan dari Indonesia hingga sampai ke Riyadh.

Kuatnya tekad mengunjungi rumah Allah dan mengikuti ibadah haji menjadi motivasi bagi Fauzan untuk terus mengayuh sepeda.

Abdul Aziz Ahmad kemudian memberikan beberapa arahan di antaranya untuk menghubungi teknis haji KJRI (Konsul Jenderal RI) di Jeddah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan ibadah haji warga negara Indonesia dan akan memberikan surat pengantar ke sana.

Ia juga berpesan kepada Fauzan untuk menjaga kesehatannya mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini adalah musim panas dengan suhu di atas 40 dan memperhatikan peraturan-peraturan yang ada di negara tersebut.

Baca Juga:  Bila Kamu Mencintai Allah, Cintailah Juga Nabi Muhammad

Dengan kehadiran Fauzan yang bersepeda dari Indonesia menuju Arab Saudi ini, Abdul Aziz Ahmad berpesan kepada Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya untuk menghubungkan kepada asosiasi-asosiasi pesepeda yang ada di Arab Saudi sebagai salah satu jalan diplomasi Indonesia-Arab Saudi melalui kegiatan berolahraga.

Diharapkan hal ini akan menjadi salah satu jalan Fauzan untuk bisa mendapatkan porsi haji dari Pemerintah Arab Saudi. PCIM Arab Saudi juga akan senantiasa berusaha membantu Fauzan dalam mewujudkan keinginannya untuk berhaji dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat selama keberadaannya berada di Arab Saudi.