Jennifer Shealey, Wanita 42 Tahun, Hasilkan Rp 5,2 Miliar Usai Dipecat

KABARINDAH.COM – Kehilangan pekerjaan atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) secara mendadak tentu sangat menyedihkan. Bagaimana tidak, Anda pastinya belum memiliki rencana cadangan sama sekali.

Hal ini pula yang terjadi dengan Jennifer Shealey. Tujuh tahun lalu, Jennifer Shealey bekerja sebagai administrator proyek untuk sebuah perusahaan ubin yang di mana ini bukanlah pekerjaan yang disukainya.

“Hal-hal tidak berhasil. Saya ingin tumbuh, dan sebagai perempuan minoritas LGBTQ, saya sering diabaikan untuk promosi dan peran manajemen atas.Kadang-kadang, saya merasa perlu untuk membodohi diri sendiri agar dapat didengar,” kata dia.

Shealey yang mendapat gelar masternya di bidang manajemen dan desain grafis berharap untuk meninggalkan pekerjaannya dan bekerja dari rumah. Shealey pun mencari peluang lain di internet dan menemukan platform freelancer Fiverr pada tahun 2014.

Wanita berusia 42 tahun itu pun membuat akun Fiverr sebagai usaha sampingan yang menawarkan layanan pemasaran digital, seperti mendesain iklan media sosial, untuk wirausahawan.

Pada 2015, Shealey secara tak terduga kehilangan pekerjaan utamanya. Pada awalnya, Shealey harus bekerja dua pekerjaan paruh waktu ditambah Fiverr-nya agar ia tetap bertahan hidup.

Tapi setelah beberapa tahun berjalan, Shealey sadar bahwa Fiverr lebih menghasilkan daripada dengan dua pekerjaan lainnya. Saat itulah Shealey mengubah kesibukannya menjadi penuh waktu.

Baca Juga:  Voice of Baceprot, Lantang Singgung Kekerasan Seksual: Rasa Aman bagi Perempuan Sulit Diperoleh!

Sejak Shealey mulai menggunakan platform tersebut, dia telah menghasilkan lebih dari $ 366.000 (Rp 5,2 miliar) dalam penjualan, dan dalam beberapa tahun terakhir. “Saya telah mencapai enam angka, jadi saya tidak mendapati diri saya kekurangan lagi,” katanya.

Dari wawancaranya, Shearley membagikan beberapa hal penting agar sukses dan tak menyerah. Yakni:

Cari tahu apa yang Anda sukai dan mulailah

Dalam bekerja di industri yang tidak dia sukai, pelajaran sangat berharga yang dia pelajari dalam perjalanan ini adalah tetap setia pada hasrat dan tujuan Anda.

Sekarang ia bekerja di bidang pemasaran dan desain grafis. Itu adalah uang yang datang karena itu adalah hasratnya. Setelah Anda menemukan minat Anda, sebaiknya mulai saja.

“Saya pikir itulah yang membuat orang tersandung, terutama karena kami terus-menerus berada di media sosial dan kami mencari kesempurnaan ini dan Anda tidak membutuhkan kesempurnaan.Anda hanya membutuhkan hati dan visi,” kata dia.

Platform freelancer dapat membantu memulai bisnis Anda

Menggunakan platform freelancer sangat membantu. Ketika Anda memiliki platform seperti Fiverr atau salah satu dari jenis platform ini yang membantu freelancer, pada dasarnya Anda dapat menghubungkan diri Anda sendiri.

Baca Juga:  Karena Pandemi Covid-19, Eric Yuan Pembuat Zoom Jadi Miliarder Dadakan

“Mereka sudah menyiapkan semuanya – saya tidak perlu khawatir tentang situs web saya online dan semua hal lainnya.Saya tidak harus berurusan dengan semua itu.Saya hanya menjalankan kapal saya sendiri,” kata dia.

Fiverr, misalnya, membantu memasarkan bisnis Anda karena ini adalah platform terkenal dan mendorong pelanggan ke situsnya, katanya, yang merupakan dorongan besar bagi mereka yang belum memiliki pengikut.

“Anda tidak perlu mengenal siapa pun.Saya tidak kenal siapa pun.Saya baru saja masuk dan membuat nama pengguna, “kata Shealey.

Mulailah dari yang kecil dan sesuaikan struktur harga Anda

Ketika pertama kali mulai menawarkan layanan pemasaran di Fiverr, Shealey akan merancang iklan Facebook untuk pelanggannya dan mengenakan biaya serendah $5.

“Beberapa orang mungkin menganggapnya konyol memulai, seperti, ‘Mengapa Anda melakukan itu?’ Nah, terkadang Anda harus melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk mencantumkan nama Anda di sana,” katanya.

Shealey menawarkan harga yang rendah untuk memulai, tetapi selama tujuh tahun terakhir, secara bertahap menaikkan harganya.Sekarang, biaya pekerjaannya mulai dari $ 20 hingga $ 125, tergantung pada jenis iklan dan berapa banyak pekerjaan yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Mau Makan Ramah Lingkungan? Piring Pelepah Pinang Solusinya!

Selama pandemi, bisnis Shealey telah berkembang saat para pengusaha memindahkan toko mereka secara online.

“Pada tingkat profesional, dalam hal uang saya, saya melakukan lebih banyak pekerjaan daripada yang saya lakukan pada tahun 2020. Saya cukup terkejut tentang hal itu.Tapi saya memanfaatkan kesempatan itu karena saya tidak yakin seperti apa masa depan yang akan terjadi saat ini, “katanya.

Sabar

Mungkin perlu waktu untuk mencapai kesuksesan di Fiverr atau platform freelancer lainnya, kata Shealey, tapi tetaplah bersabar.

“Saya tidak akan menyerah.Saya tidak melihat keuntungan yang besar dalam tiga tahun pertama, dan saya sibuk mengerjakan pekerjaan paruh waktu lainnya.Tapi, saya tidak akan putus asa, “katanya.

Pada tahun 2020, Shealey menghasilkan lebih dari US$ 106.000 dalam penjualan, dan tahun ini sejauh ini, ia telah menghasilkan lebih dari US $ 45.000 dalam penjualan.

“Yang ingin saya lakukan hanyalah membayar sewa saya dan memasukkan makanan ke dalam mulut saya dan membayar tagihan saya.Dan itu sangat kuat, Sekarang, saya tidak perlu memikirkan semua itu.Saya bisa memikirkan masa depan saya,” ungkap ia.